DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBAYARAN TRANSAKSI NON TUNAI (TNT) RETRIBUSI PASAR INDUK AMUNTAI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DI KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:KHAIRUNNISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


 

Khairunnisa, 1610413220010, 2020, Implementasi Pembayaran Transakski Non Tunai (TNT) Retribusi Pasar Induk Amuntai Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Jamaluddin, M.Si.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Pembayaran Transaksi Non Tunai (TNT) Retribusi Pasar Induk Amuntai Terhadap Peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Di Kabupaten Hulu Sungai Utara, dikarenakan adanya perubahan sistem pembayaran yang dijalankan oleh Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dari sistem tunai menjadi non tunai yang bekerjasama dengan Bank Kalsel. Manfaat penelitian untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempermudah para wajib retribusi dalam pembayaran pungutan retribusi secara non tunai.

 

 

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dan yang menjadi informan kunci adalah para Pedagang, Unit Pelaksana Teknis pasar Induk Amuntai, Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dan pihak Bank Kalsel. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dianalisis dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan yang menjadi fokus penelitian skripsi ini yaitu faktor-faktor yang dapat menghambat Implementasi Kebijakan yang terdiri dari 4 faktor yaitu komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana dan struktur birokrasi.

 

Hasil penelitian menunjukkan, kurangnya informasi dan sosialisasi dari pihak pelaksana sehingga pedagang kurang mengetahui dan memahami manfaat serta pentingnya retribusi dan Peraturan Daerah tentang retribusi sehingga mengakibatkan kurangnya kesadaran para pedagang dalam pembayaran wajib retribusi dan mengakibatkan penunggakan pembayaran oleh pedagang dan akan mempengaruhi pemasukan retribusi pasar dan juga pendapatan asli daerah kabupaten Hulu Sungai Utara.

 

 

 

Disarankan kepada kepala Unit Pelaksana Teknis Pasar Induk Amuntai dan kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dapat memberikan sosialisasi kepada para pedagang untuk meningkatkan kesadaran dalam membayar retribusi pasar. Kepada pihak Bank Kalsel lebih ditingkatkan lagi program serta pelayanan kepada para pedagang untuk meningkatkan daya tarik para pedagang untuk membayar retribusi di awal bulan dan membuka rekening untuk menggunakan program pembayaran retribusi pasar secara non tunai. Serta kepada para pedagang harus lebih terbuka dan mengikuti arahan petugas untuk melancarkan program transaksi non tunai retribusi pasar Induk Amuntai.

 

Kata Kunci : Implementasi, Transaksi Non Tunai Retribusi Pasar, Pasar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI