DIGITAL LIBRARY



JUDUL:karakteristik strategi dinas koperasi ukm dan tenaga kerja dalam perberdayaan industri kain sasirangan kota banjarbaru
PENGARANG:FITRIANI YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


Fitriani Yanti. D1B115212, 2020. ”Karakteristik Strategi Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja dalam Pemberdayaan Industri Kain Sasirangan Kota Banjarbaru” dibawah bimbingan H. Budi Suryadi selaku Pembimbing I dan H. Saifudin selaku Pembimbing II.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemberdayaan industri kecil kain sasirangan pada Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, dengan tujuan memberi gambaran mengenai situasi yang terjadi pada obyek penelitian yaitu strategi pemberdayaan industri kecil kain sasirangan pada Dinas Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru. Fokus penelitian adalah strategi berdasdarkan derajat pengaruh eksternal (strength of external influence) orientasi strategi (strategic orientation), orientasi pada perubahan (orientation toward change), dan arah pergerakan strategi (direction of strategic movement). Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, dengan informan pendamping pelaku usaha industri kain sasirangan di kota banjarbaru.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sektor-sektor yang menjadi sasaran strategi pada penelitian ini terdiri dari keterbatasan pengetahuan pengolahan sasirangan, ketersediaan tenaga pengarah pengolahan sasirangan, pemenuhan kebutuhan bahan, dan eksistensi pelatihan pengolahan sasirangan. Beberapa anggota UKM yang merupakan pengrajin baru. Pengrajin sasirangan pada umumnya sudah tidak konsisten dengan bidang yang dikuasai tersebut. Penjualan produk kain sasirangan dari pengrajin yang tergabung dalam UKM berusaha mengembangkan produk tersebut menjadi suatu hasil produk baru dengan bahan dasar kain sasirangan. Peluasan wilayah pemasaran, eksistensi pasar dan pemanfaatan kesempatan-kesempatan potensial, dan kerjasama dengan seluruh komponen pendukung, yaitu dengan pengenalan produk dan mengembangan potensi pasar dan para pengrajin yang tergabung dalam UKM kain sasirangan mengikuti program-program ekspo dari pemerintah Kota Banjarbaru.

 

 kepada Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Banjarbaru untuk mengimplementasikan program pemberdayaan UKM khususnya para pengrajin kain sasirangan, dengan melakukan pengembangan strategi derajat pengaruh eksternal, yaitu peningkatan pengetahuan tentang pengolahan sasirangan, menyediakan tenaga pengarah dalam pengolahan sasirangan, melakukan pemenuhan kebutuhan bahan bagi pengrajin sasirangan, dan meningkatkan eksistensi pelatihan pengolahan sasirangan.

 

Kata Kunci:  strategi pemberdayaan, pengrajin sasirangan, usaha mikro kecil menengah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI