DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KONSEP HUTAN RAWA GAMBUT BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA
PENGARANG:Betty Agustina
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-01


ABSTRAK

 

Betty Agustina (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Konsep Hutan Rawa Gambut Berbasis Problem Solving untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. Danang Biyatmoko, M.Si dan Pembimbing (II) Dr. H. Aminuddin Prahatama Putra, M.Pd.

 

Kata Kunci : Pengembangan, Multimedia, Pembelajaran, Problem Solving, Keterampilan Berpikir Kritis

 

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia pembelajaran konsep hutan rawa gambut berbasis problem solving yang valid, praktis dan efektif menggunakan desain instruksional ADDIE. Tahap awal mencakup analisis kebutuhan, karakteristik mahasiswa, materi serta tujuan pembelajaran. Tahap berikutnya berupa rancangan petunjuk penggunaan, sistem pembelajaran, penyajian materi sampai bentuk evaluasi. Pada tahap pengembangan, rancangan tersebut direalisasikan dalam bentuk multimedia menggunakan Adobe Animate CC 2018 sebagai aplikasi utama dan Corel Video Studio Pro X7 sebagai aplikasi pendukung. Sebelum diimplementasikan ke mahasiswa, dilakukan validasi oleh 2 ahli materi dari ULM dan 1 ahli multimedia dari Politeknik Hasnur. Semua data diperoleh dari instrumen baik validitas, kepraktisan maupun keefektifan multimedia dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan semua perangkat multimedia baik RPS, Materi Ajar, LKM, Soal Evaluasi, dan Komponen Multimedia tergolong sangat valid. Multimedia termasuk praktis karena aktivitas mahasiswa tergolong sangat tinggi, keterlaksanaan pembelajaran sangat baik dan respon positif mahasiswa terhadap penggunaan multimedia. Multimedia termasuk efektif karena hasil belajar kognitif tuntas secara klasikal, hasil positif dari penilaian afektif dan keterampilan berpikir kritis mahasiswa tergolong dalam kategori sangat tinggi. Oleh karena itu, multimedia pembelajaran konsep hutan rawa gambut berbasis problem solving ini dapat digunakan sebagai bahan pengayaan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI