DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bachelor Degree Strategi in Entrepreneurship on Cemara Raya Street Sungai Miai Sub-District Banjarmasin City
PENGARANG:MELATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


Melati, 2020. Strategi Sarjana Dalam Berwirausaha di Jalan Cemara Kelurahan Sungai Kota Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiolog, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing ( I ) Nasrullah, Pembimbing ( II ) Yuli Apriati.

Kata Kunci : Kewirausahaan, Motivasi dan Strategi

Jalan Cemara Raya Kelurahan Sungai Miai Banjarmasin Utara terdapat toko-toko yang di dirikan oleh para wirausaha yang diantaranya lulusan sarjana. Oleh karena itu, di Jalan Cemara adanya terdapat motivasi dan strategi bagi mereka lulusan sarjana yang berwirausaha. Motivasi adalah berupa dorongan dan rangsangan bagi seseorang untuk melakuan sesuatu tertentu agar semangat untuk terus mencapai suatu tujuan. Strategi adalah suatu upaya yang dilakukan oleh seseorang untuk terus mengembangkan apa yang mereka lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : ( 1 ) Apa motivasi lulusan sarjana itu lebih memilih berwirausaha dari pada bekerja sesuai bidang kuliah yang di ambilnya. ( 2 ) Strategi yang digunakan lulusan sarjana dalam berwirausaha.

Metode penelitian yang digunakan adalah mmetode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara Accidental dengan informan Ka Devy, Ka Novi dan Ka Wafa. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display dan verification.

Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Motivasi sarjana yang berwirausaha adaah karena adanya faktor intrinsik yaitu dorongan yang kuat dalam diri individu dan adanya faktor ekstrinsik yaitu dorongan dari orang ain dan faktor pengaruh lingkungan. (2) Strategi yang dilakukan dalam berwirausaha yaitu pemilihan aspek ruang, membangun relasi dengan pembeli dan melakukan keterkaitan antara tindakan rasional dan strategi permainan wirausaha.

Berdasarkan hasil penelitian ini, di sarankan kepada mereka yang berwirausaha agar terus mengembangkan diri dengan ide-ide kreativ menciptakan inovasi dan hal-hal baru serta memiliki semangat yang tinggi agar menjadi wirausaha yang unggul dan selalu menciptakan hubungan yang baik kepada pelanggan dan di sarankan kepada mahasiswa yang ingin meneliti tentang wirausaha agar sebaiknya lebih mengarah ke bentuk persaingan atau kerjasama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI