DIGITAL LIBRARY



JUDUL:¬PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI “PERSEBARAN FLORA DAN FAUNA DI INDONESIA” DI KELAS XI IPS SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:TIARA AFSARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


Permasalahan pembelajaran geografi masih rendah khususnya di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Kurangnya variasi guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran membuat siswa kurang aktif. Tujuan penelitian karena itu, untuk menganalisis dan mengetahui apakah penerapan model dapat berpengaruh meningkatkan hasil belajar geografi siswa materi Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 12 Banjarmasin. Metode menggunakan quasi eksperiment, rancangan nonequivalent control grup design. Instrumen berupa test pilihan ganda. Populasi yang diambil seluruh siswa kelas XI IPS, sample menggunakan random sampling, diketahui; terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran model make a meningkatkan keaktifan 49,55%, kefektifan 49,56%, dan rata-rata hasil belajar 68,39.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI