DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Minapolitan Cindai Alus Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan
PENGARANG:ABI PRASTIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


Untuk meningkatkan sentra produksi perikanan air tawar, kabupaten Banjar membuat Kebijakan Pemerintah Daerah Nomor 3  tahun 2013 “Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Banjar tahun 2013-2032” yakni tentang kawasan Minapolitan (Perairan Perikanan Perkotaan)  yang berpusat di Cinai Alus sebagai sentra peningkatan produksi, pengembangan, budidaya, pelayanan jasa dan kegiatan pendukung lainnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan Implementasi dari Kebijakan Pemerintah Kabupaten Banjar untuk meningkatkan produksi dan pengembangan wilayah Minapolitan tersebut. Penelitian ini juga ingin mengetahui sejauh mana pencapaian dari tujuan Implementasi Kebijakan`yang sudah diterapkan di kawasan Minapolitan tersebut.

Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, yang digunakan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Implementasi Kebijakan Kawasan Minapolitan Cindai Alus Kabupaten Banjar. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumntasi. Teori yang digunakan adalah (Brian W. Hogwood dan Lewis A. Gun (1978;1986) dalam (Bumi aksara 2012:166) dalam Implementasi kebijakan untuk mencapai tujuan yang ideal harus mempunyai indikator yang diperlukan seperti Kondisi sumber dayanya, kekuatan sumber dayanya, tersediannya waktu, tugas yang terperinci, dan adanya komunikasi dan kordinasi yang baik.

Implementasi dari kebijakan kawasan Minapolitan di Desa Cindai Alus direncanakan baik oleh Pemerintah Kabupaten Banjar melalui penerapan Peraturan Daerah, Pemerintah Kabupaten Banjar juga bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan untuk mengembangkan dan mengatur jalannya strategi untuk mencapai  tujuan menjadikan kawasan Minapolitan Cindai Alus menjadi sentra produksi perikanan air tawar di Kalimantan Selatan. Implementasi kebijakan pengembangan kawasan Minapolitan Cindai alus dipengaruhi oleh beberapa faktor, biasanya dipengaruhi oleh sejumlah hal yang tidak dapat diprediksi tetapi bisa saja menjadi ancaman dari peningkatan tujuan produksi untuk mencapai Implementasi Kebijakan Pengembangan Kawasan Minapolitan Cindai alus tersebut

 

Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Kawasan Minapolitan di Desa Cindai Alus Kabupaten Banjar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI