DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ARTICULATE STORYLINE DENGAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI TAHUN AJARAN 2019/2020 DI SMA NEGERI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:SARIFAH NABILA ZAHRA ALQADRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


Tujuan penelitian ini ialah menghasilkan produk berupamultimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline dengan model pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakanResearch and development (R & D)dengan model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui lembar validasi, angket respon dan tes hasil belajar kognitif. Analisis data dilakukan melalui persentase uji validitas, rata-rata skor angket respon, dan uji N-gain pada hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) Valid dengan persentase 95,0% yang berkategori sangat valid; (2) Praktis dengan skor rata-rata 3.23 yang berkategori baik pada uji perorangan, 3.47 yang berkategori sangat baik pada uji kelompok kecil; 3.45 yang berkategori sangat baik dari respon peserta didik, dan 3.60 yang berkategori sangat baik dari aktivitas mengajar guru (3) efektif dengan nilai N-gain sebesar 0,76 yang berkategori tinggi. Sehinggs dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif menggunakan articulate storyline dengan model pembelajaran AIR valid, praktis dan efektif, serta dapat digunakan pada proses pmebelajaran.

Kata kunci:multimedia pembelajaran interaktif, articulate storyline, Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR), larutan penyangga.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI