DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Karakteristik Masyarakat Agroforestri Tanaman Sengon Di Hutan Produksi Wilayah KPH Cantung
PENGARANG:SAUFI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


Saufi (2020), Analisis Karakteristik Masyarakat Agroforestri Tanaman Sengon Di Hutan Produksi Wilayah KPH Cantung. Pembimbing Drs. H. Muhammad Saleh, MP.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) menganalisis karakteristik masyarakat agroforestri atau petani agroforestri yang ada di wilayah Cantung dengan mencantumkan, umur, pendidikan, pekerjaan, dan jumlah anggota keluarga. (2) mengetahui pola agroforestri apa yang dilakukan masyarakat Cantung terhadap tanaman sengon dan tanaman pertanian lainnya. (3) mengetahui peran agroforestri terhadap pendapatan masyarakat Cantung yang di bawahi oleh Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH).

Penelitian ini menggunakan responden sebanyak 25 orang petani agroforestri di wilayah KPH Cantung. Pengolahan analisis dalam penelitian ini dilakukan dalam pengelompokan tabulasi angka menggunakan rumus perhitungan dan dimasukkan kedalam excel.

Hasil yang di dapat pada penelitian menunjukkan bahwa pola tanam tumpangsari merupakan pola tanam yang terbaik saat ini yang dilakukan oleh petani agroforestri wilayah Cantung karena rata-rata lahan milik petani tidak begitu luas, hasil kebun agroforestri memberikan peran besar terhadap pendapatan petani dan karakteristik masyrakatnya yang bervariasi.

Kata Kunci:     Karakteristik masyarakat agroforestri, pola agroforestri, peran agroforestri terhadap pendapatan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI