DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Menempel Gambar Dengan Tepat Menggunakan Model Examples Non Examples Dengan Tehnik Kolase Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-rahim Banjarmasin
PENGARANG:ZUHROTUL MUTI'AH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


ABSTRAK

 

Muti'ah, Z. 2020. Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Dalam Melampirkan Gambar Secara Tepat Menggunakan Kombinasi Model Contoh Non Contoh dengan Teknik Kolase pada Anak Kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-Rahim Banjarmasin. Skripsi Program S1 Strata-1 PG-PAUD Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Ajaran 2020/2021. Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd, Ph.D

 

Kata Kunci: Motor Halus, Rekat, Contoh Non Contoh, Kolase

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan penulis diperoleh bahwa kemampuan motorik halus dalam menempelkan gambar dengan benar masih belum maksimal pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-Rahim Banjarmasin tahun ajaran 2019/2020 terlihat dari 16 anak hanya 5 anak dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini dikarenakan anak kurang fokus dan kurang motivasi dalam memperhatikan guru. Oleh karena itu perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran eksplisit dan metode penugasan dengan teknik kolase, dengan tujuan untuk mengembangkan keterampilan motorik halus dalam menempel pada anak TK kelompok B Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-Rahim Banjarmasin.

Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus. Pengumpulan data melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-Rahim Banjarmasin yang berjumlah 16 anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru mencapai 97% dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak mencapai 88% (hampir semua anak aktif). Untuk hasil ketrampilan motorik halus dalam menempel berhasil / berkembang dengan persentase 94% anak mendapatkan 򮮮.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa keterampilan motorik halus dalam menempel menggunakan kombinasi model pembelajaran eksplisit dan metode penugasan dengan teknik kolase pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal 37 Ar-Rahim Banjarmasin dikatakan berhasil / berkembang. Saran yang diberikan bahwa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran eksplisit dan metode penugasan dengan teknik kolase merupakan alternatif strategi pembelajaran keterampilan motorik halus.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI