DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK BAHASA ( MENYEBUTKAN NAMA- NAMA BENDA YANG SUARA HURUF AWALNYA SAMA ) MELAUI METODE TALKING STICK DI KELOMPOK B TK ISLAM AL- IKHWAN BANJARMASIN
PENGARANG:EKA DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-02


ABSTRAK

 

Eka Damayanti. 2017. “Mengembangkan Aspek Bahasa (Menyebutkan Nama-Nama Benda Yang Suara Huruf Awalnya Sama)Melalui Model Talking Stick di kelompok B di TK Islam Al Ikhwan Banjarmasin.” Skripsi Program S–1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Tahun Akademik 2016 / 2017. Pembimbing I : Dra. Hj. Aslamiah, M.Pd.,Ph.D,   Pembimbing II : Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

Kata Kunci: Nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama ; Model Talking Stick

 

            Kemampuan anak dalam menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama yang dapat meningkatkan aspek bahasa, terutama  dikelompok B TK Islam Ak-Ikhwan Banjarmasin. Salah satu penyebabnya adalah guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran yang dapat meningkatkan aspek bahasa.

             Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengetahui penigkatan aspek bahasa dalam kegiatan menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama melalui model Talking Stick pada anak kelompok B TK Islam Al Ikhwan Banjarmasin.

            Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) dalam 2 siklus. Setiap siklus ada beberapa kali yaitu siklus I terdiri dari 2 kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan.

            Penelitian tindakan kelas dilakukan melalui proses yang terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan  dan refleksi.

            Setting penelitian ini adalah seluruh anak kelompok B TK Islam Al-Ikhwan yang berjumlah 15 orang  yang terdiri dari .. orang anak laki-laki dan .. orang anak perempuan.Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap (2) tahun pelajaran 2016/2017. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi kegiatan/aktivitas guru, observasi kegiatan anak dan lembar aktivitas.

            Hasil temuan dalam penelitian ini membuktikan aspek bahasa anak mengalami peningkatan dari kegiatan menyebutkan nama-nama benda yang suara huruf awalnya sama. Keberhasilan tindakan kelas terlihat setelah membandingkan hasil akhir dengan indicator keberhasilan yang telah di tetapkan sebelumnya.

             Berdasarkan hasil temuan  penelitian ini kepada guru disarankan agar dapat dijadikan sebagai pengalaman dalam perbaikan mengajar dan dapat menambah variasi teknik mengajar yang sesuai dengan kebutuhan anak, serta dapat menambah variasi teknik mengajar dalam menggunakan model pembelajaran  agar lebih kreatif dalam menggunakan sarana dan media yang ada demi terciptanya kegiatan belajar mengajar sesuai dengan yang diharapkan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI