DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI KONSEP DAN SIFAT-SIFAT CAHAYA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN PENDEKATAN Contextual Teaching And Learning (CTL) PADA ANAK SLOW-LEARNER DI SDN DALAM PAGAR ULU 1 KECAMATAN MARTAPURA TIMUR KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MEIRA MIRAWATI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-08


Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Hasil Belajar.


Rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN Dalam Pagar Ulu 1 Kabupaten Banjar
pada nilai tes formatif untuk mata pelajaran IPA pada materi konsep Cahaya tahun pelajaran
2009/2010. Penyebab rendahnya hasil belajar siswa diantarannya adalah faktor siswa dan faktor
guru. Faktor siswa berupa kurangnya minat serta motivasi belajar siswa dalam proses
pembelajaran. Pembelajaran masih bersifat Teacher Centered guru kurang memberikan
pengalaman kongkrit bagi siswa. Oleh sebab itu perlu adanya strategi pembelajaran untuk
membangkitkan semangat peserrta didik agar aktif dalam proses pembelajaran dan memberikan
pengalaman sesuai keseharian siswa. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
dalam pembelajaran diharapkan dapat meningingkatkan hasil belajar siswa.
Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode penilitian tindakan kelas bertujuan
untuk mendapatkan informasi tentang penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa.kelas V SDN Dalam Pagar Ulu 1
Kabupaten Banjar pada mata pelajaran IPA tentang konsep Cahaya. Subyek penelitian siswa
kelas V yang berjumlah 12 orang yang terdiri dari 7 orang perempuan dan 5 orang laki-laki.
Dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Jenis instrumen yang digunakan adalah lembar observasi siswa, lembar observasi guru
dan tes hasil belajar pada siswa pada setiap pertemuan dan setiap akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Pendekatan Contextual Teaching and
Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar hingga mencapai indikator penilitian yang
ditetapkan. Hasil tes belajar sisiwa pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan belajar 58,3% nilai ratarata
kelas 70,5, siklus I pertemuan 2 ketuntasan belajar 66,7% rata-rata kelas 77,5, akhir siklus I
ketuntasan belajar 66,7% rata-rata kelas 78. Pada siklus II pertemuan 1 ketuntasan belajar 75%
rata-rata kelas 79,2, pertemuan 2 ketuntasan 83,3% rata-rata kelas 87,2%. Dari hasil diatas maka
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang dilakukan dengan Pendekatan Contextual Teaching
and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Bertolak dari temuan penelitian ini dikemukakan beberapa saran: (1) Guru hendaknya
dapat menggunakan dan mengembangkan model pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL) sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Kepala Sekolah dan Pengawas
hendaknya dapat memberikan bantuan dan bimbingan serta sosialisasi mengenai metode dan
strategi pembelajaran terhadap para guru melalui pelatihan atau seminar dengan harapan dapat
meningkatkan pengetahuan para guru tentang pendekatan pembelajaran CTL.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI