DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN IZIN USAHA PENGELOLAAN SARANG BURUNG WALET DI DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU KABUPQTEN MURUNG RAYA
PENGARANG:RIDHO ATMAYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-03


ABSTRAK

Ridho Atmayadi, D1B113011, 2020, Kualitas Pelayanan Izin Usaha di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya.Jurusan Ilmu Pemerintahan. Universitas Lambung Mangkurat. Di Bawah Bimbingan Saifudin Selaku Pembimbing I dan Paturrahman Selaku Pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan izin usaha pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya.Adapun jenis penelitian ini menggunakkan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian yang digunakan yaitu deskriptif, informan dalam penelitian ini yaitu Kepala dan staf Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya, Masyarakat yang ada di Kabupaten Murung Raya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara, sedangankan teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya pada tata kelolanya memadukan unsur Tangible, Reability, Reponsivness, Assurance, Emphaty. Dalam penelitian ini juga dapat diketahui faktor-faktor apa saja yang menghambat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya, Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan pendapatan asli daerah melalui retribusi yang dihasilkan dari perizinan usaha budidaya sarang burung walet yang sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Murung Raya Nomor 7 Tahun 2009. Dalam rangka meningkatkan Kualitas pelayanan perizinan pengelolaan sarang burung walet pada Dinas Penanaman Modal dan pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten harus mengedepankan kualitas pelayanan yang terpadu dan sistematis guna mewujudkan pola pelayanan yang efektif dan efisien agar dalam pelaksanaan pemanfaatan retribusi sarang burung walet dapat meningkatkan pendapatan asli daerah bagi Kabupaten Murung Raya.

Penelitian ini di Rekomendasikan Kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Murung Raya Untuk Meningkatkan pelayanan yang prima dan terintegrasi sesuai dengan nilai-nilai pelayanan publik khususnya dalam Kualitas Pelayanan.

Kata kunci : Kualitas, Pelayanan, Izin Usaha, Retribusi Daerah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI