DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA TENAGA KEPENDIDIKAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD ANDRIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-03


ABSTRAK

 

Muhammad Andrie, mahasiswa Magister Administrasi Publik, NIM D2A115010, Angkatan XXVII Tahun 2015, dengan judul penelitianKinerja Aparatur Sipil Negara Tenaga Kependidikan pada FISIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin,Dosen pembimbing (1). Prof. Dr. Saladin Ghalib, MA dan (2) Dr. Drs. H. Bachruddin Ali Akhmad, M.Si.

 

 

Ketidakpuasan mahasiswa sebagai penerima layanan terhadap kinerja aparatur tenaga kependidikan dalam pelayanan kepadamahasiswa masih menjadi momok bagi Fakultas,salah satu tujuan yang diinginkan adalah terjadinya peningkatan kinerja penyelenggaraan pelayanan kepada mahasiswa. Dasar ini lah yang mendorong penulis untuk meneliti sejauhmana strategi yang dilakukan FISIP Universitas Lambung Mangkurat untuk meningkatkan kinerja aparaturnya.

 

 

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sebagaimana dalam penelitian kualitatif maka penulis menggunakan metode wawancara dengan informan yang memiliki keterlibatan dalam perumusan kebijakan dan pengetahuan yang berkaitan dengan penelitian ini serta dianalisis menggunakan analisis SWOT.

 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Kinerja Aparatur Tenaga Kependidikan belum optimal walaupun hasil peningkatan LAKIP tahun 2018 menunjukkan keberhasilan berdasarkan kuantitas namun kualitasnya sudah cukup baik tetapi masih perlu ditingkatkan; (2) Strategi yang digunakan FISIP Universitas Lambung Mangkurat dalam upaya peningkatan aparatur sudah cukup baik dan berjalan apa adanya bahkan tidak ada aturan yang spesifik serta tertulis baik dari Dimensi Perangkat Kelembagaan, Dimensi Aparatur, Dimensi Ketatalaksanaan, Dimensi Keuangan dan Peralatan, Dimensi Reward dan Punishment serta Dimensi Penegakan Disiplin; (3) Permasalahan yang ada dalam peningkatan kinerja tidak lepas dari rendahnya profesionalisme, tidak sesuainya penempatan aparatur sesuai kompetensinya, sistem reward kurang mampu memberikan motivasi kerja sehingga membuat rendah motivasi kerja aparaturnya, masih rendah tingkat disiplin aparaturnya karena lemahnya sanksi dan penegakkan disiplin terhadap aparaturnya,serta prosedur kerja yang tidak efektif, efisien dan berperilaku hemat.

 

 

Keyword : Kinerja, AparaturSipil Negara Tenaga Kependidikan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI