DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KARAKTERISTIK VEGETASI DI KAWASAN TEPI SUNGAI KHDTK ULM MANDIANGIN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD RIZKON
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


Karakteristik Kondisi Vegetasi di Kawasan Tepi Sungai KHDTK ULM Mandiangin Provinsi Kalimantan Selatan. Atas bimbingan Bapak Ir. H. Gt. Syeransyah Rudy, .M.P. selaku Dosen pembimbing pertama dan Bapak Ir. Sulaiman Bakri, MS. selaku Dosen pembimbing kedua.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi floristik di areal Tepi Sungai KHDTK ULM Mandiangin Provinsi Kalimantan Selatan. Pengambilan data dilapangan menggunakan purvosive sampling. Metode yang digunakan yaitu kombinasi antara metode jalur dan garis berpetak. Jumlah jalur yang dibuat sebanyak 5 jalur yang mana setiap jalur terdiri dari 10 plot pengamatan. Masing-masing jalur akan dibandingkan tingkat kesamaan jenisnya menggunakan rumus Indeks Similaris Sorensan. Vegetasi yang ditemukan sebanyak 48 jenis dan 25 jenis famili pada jalur I, 53 jenis dan 27 jenis famili pada jalur II, 53 jenis dan 24 jenis famili pada jalur III, 55 jenis pada 28 jenis famili jalur IV, dan 40 jenis dalam 25 jenis family pada jalur V.

Kesamaan jenis  (IS) secara keseluruhan tergolong rendah. Perbandingan jalur I dengan II (54,72 %), jalur I dengan III (51,92 %), jalur I dengan IV (64,76 %), jalur I dengan V (46,67 %), jalur II dengan III (50,91 %), jalur II dengan IV (61,26 %), jalur II dengan V (47,92 %), jalur III dengan IV (62,39 %), jalur III dengan V (29,76 %), jalur IV dengan V (44,21 %). Hasil analisis menunjukkan jenis vegetasi pada jalur I, II, III, dan IV yang berada pada pinggiran sungai berbeda nyata dengan vegetasi jalur V yang berada 20 meter dari sungai.

 

Kata Kunci: Karakteristik, Vegetasi Tepi Sungai, Analisis Vegetasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI