DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONSEP DIRI DALAM KOMUNIKASI INTRAPERSONAL PENYANDANG DISABILITAS DI RUMAH KREATIF DAN PINTAR
PENGARANG:GUSTI SORRAYYA HAJJRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-03


Gusti Sorrayya Hajjriana (2020), Konsep Diri dalam Komunikasi Intrapersonal Penyandang Disabilitas (Studi Pada Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar Di Banjarmasin). Dibimbing oleh Bachruddin Ali Akhmad dan Muhammad Muthahhari Ramadhani.

 

Komunikasi intrapersonal sangat penting bagi penyandang disabilitas karena adanya komunikasi intrapersonal, mampu mengenal diri sendiri. Berdasarkan penelitian terdahulu ditemukan fakta bahwa penyandang disabilitas yang memiliki konsep diri negatif, umumnya akan mengalami sebuah kejadian diskriminasi dalam aktivitas kehidupannya sehari-hari terutama dalam dunia kerja, yang artinya permasalah tersebut bersumber dari konsep diri mereka dalam komunikasi intrapersonal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dan menganalisis bagaimana gambaran pandangan Konsep Diri dalam Komunikasi Intrapersonal Penyandang Disabilitas pada Yayasan Rumah Kreatif dan Pintar di Banjarmasin. Komunikasi intrapersonal sangat penting bagi penyandang disabilitas karena   Penelitian ini menggunakan metode deskiptif kualitatif dengan teknik triangulasi sumber dengan data untuk keabsaan data. Pengrekrutan informan dilakukan dengan metode snowball sampling.

Hasil penelitian menunjukkan penyandang disabilitas cenderung sensitive sehingga dalam proses komunikasi di lingkungan kerja harus bisa memandang dari kacamata mereka, hal ini dipengaruhi oleh konsep diri dalam komunikasi intrapersonal mereka. Self disclosure informanmenggunakan Johari Window mengindikasikan hal-hal positif. IPD01 cenderung ambievert dan IPD02 mengarah pada ekstrovert. Key informan memiliki konsep diri positif, perlu dukungan keluarga dan lingkungan kerja agar dapat membantu penyandang disabilitas untuk memperoleh konsep diri positif dalam komunikasi intrapersonal mereka.  Konsep diri yang berkualitas dalam komunikasi antar pribadi dapat menciptakan komunikasi yang baik. Peran lingkungan juga menjadi penting oleh sebab itu perlu edukasi baik untuk penyandang disabilitas dan orang sekitarnya terkait dengan bagaimana cara memiliki konsep diri positif.

 

Kata Kunci: Konsep diri, Komunikasi Intrapersonal, Penyandang Disabilitas

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI