DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Peran Masyarakat Dalam Pengembangan Pariwisata Kampung Warna-Warni Janju Di Desa Janju Kecamatan Tanah Grogot Kabupaten Paser Provinsi Kalimantan Timur
PENGARANG:CHAIRIL AFIF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-03


 

Kampung wisata warna-warni Janju yang terletak di desa Janju merupakan obyek wisata yang melibatkan peran masyarakat dalam pengembangannya. Masyarakat menjadi aktor utama untuk mendorong keberhasilan pengembangan obyek wisata kampung warna-warni Janju. Masyarakat berperan penting karena perubahan-perubahan yang terjadi di kawasan obyek wisata akan bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk  mendapatkan gambaran tentang peran masyarakat dalam pengembangan pariwisata kampung warna-warni Janju namun secara spesifik tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peran masyarakat sebagai pelaku wisata dalam pengembangan kampung warna-warni Janju (2) Kendala-kendala yang dihadapi masyarakat sebagai pelaku wisata dalam pengembangan kampung warna-warni Janju.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) peran masyarakat sebagai pelaku wisata dalam pengembangan kampung wisata warna-warni Janju terbagi menjadi tiga yaitu pengambilan keputusan, menentukan kualitas produk wisata, dan pembagian manfaat finansial. (2) Kendala-kendala yang dihadapi masyarakat sebagai pelaku wisata dalam pengembangan kampung wisata warna-warni Janju terbagi menjadi tiga yaitu keterbatasan operasional, keterbatasan struktural dan keterbatasan kultural.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada (1)  Masyarakat agar lebih meningkatkan kesadaran akan pentingnya keberadaan obyek wisata yang berada di lingkungan sekitar tempat tinggal serta meningkatkan antusias untuk berperan aktif dalam pengembangan suatu obyek wisata. (2) Pemerintah dan instansi terkait diharapkan agar dapat memperhatikan lebih serius pengembangan destinasi wisata yang ada. (3) Mahasiswa yang ingin meneliti tentang pariwisata sebaiknya meneliti tentang peran masyarakat dalam pengembangan suatu destinasi wisata karena masyarakat merupakan faktor penentu dalam keberhasilan pengembangan suatu destinasi wisata.

 

Kata Kunci : Peran, Masyarakat, Pariwisata

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI