DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION KOMBINASI MODEL THINK TALK WRITE DAN COURSE REVIEW HORRAY SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR
PENGARANG:MEYDITA NURMALITASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


ABSTRAK

Nurmalitasari, Meydita. 2020. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika meggunakan model Realistic Mathematics Education Kombinasi Model Think Talk Write dan Course Review Horray kelas V di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing : Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd., M.Pd.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Realistic Mathematics Education, Think Talk Write, Course Review Horray.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika dalam materi sifat-sifat bangun ruang. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang tidak menuntut siswa untuk berpikir kritis, dan kurangnya kesempatan siswa untuk bekerja dalam kelompok. Solusi untuk masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education, Think Talk Write, dan Course Review Horay. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat bangun ruang khususnya pada siswa kelas VA SDN Kelayan Tengah 4 Banjarmasin dan siswa keas V SDN Pasuruan Lor 1 Kota Tegal.

Penelitian ini menggunakan data sekunder sesuai analisis yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan 4 kali pertemuan oleh Siska Dewi (2019) Mubarokah Khasanah (2017). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA semester genap di SDN Kelayan 4 Banjarmasin jumlah siswa 18 orang dan pada siswa kelas V di  SDN Pasuruan Lor 1 Kota Tegal jumlah siswa 25orang. Analisis data sekunder dalam penelitian ini dengan memanfaatkan data hasil penelitian terdahulu.

Hasil penelitian pada pembelajaran Matematika menggunakan model Realistic Mathematics Education kombinasi model Think Talk Write dan Course Review Horray, menunjukkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan kriteria “Sangat Baik”, aktivitas siswa meningkat dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan ketuntasan hasil belajar siswa terjadi peningkatan dan telah memenuhi indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana dengan sangat baik, terjadi peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Realistic Mathematics Education kombinasi model Think Talk Write dan Course Review Horray, sehingga dapat disarankan kepada guru untuk dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih strategi pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI