DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN IPA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SDN ANJIR SERAPAT MUARA 1-2
PENGARANG:ARIF MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


 

 

 

ABSTRAK

 

Pembelajaran IPA di harapkan dapat di jadikan wahana untuk mempelajari diri sendiri dan lingkungan sehingga dapat terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan pengamatan awal yang diperoleh di SDN Anjir Serapat Muara 1-2 terdapat permasalahan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan metode ceramah dan tekstual, belum ada tersedianya multimedia, terbatasnya pengetahuan guru dalam pengembangan multimedia, dan siswa mengalami kesulitan dalam meningkatkan hasil belajar. Penelitian bertujuan untuk 1) mengembangkan multimedia interaktif, 2) kelayakan 3) hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif mata pelajaran IPA materi cara mahkluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan, rangkaian listrik, dan medan magnet kelas VI SDN Anjir Serapat Muara 1-2. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model  Dick & Carey.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) multimedia pembelajaran IPA interaktif ini layak di gunakan berdasarkan penilaian validasi ahli materi di peroleh persentase 92,70% dengan kualifikasi sangat valid dan validasi ahli media di peroleh persentase 89,58% dengan kuaifikasi sangat valid. (2) penilaian siswa terhadap multimedia pembelajaran IPA interaktif pada uji coba satu-satu (one on one) di peroleh persentase 92,5% dengan kualifikasi sangat valid, uji coba kelompok kecil (small group) di peroleh persentase 93,92% dengan kualifikasi sangat valid, uji coba lapangan (field trial) di peroleh persentase 92,89% dengan kualifikasi sangat valid. (3) berdasarkan analisis hasil belajar siswa menggunakan N-Gain di peroleh nilai 0,63 yang termasuk dalam kualifikasi sedang. Penelitian pengembangan multimedia interaktif ini di harapkan dapat di manfaatkan oleh guru dan sekolah yang bersangkutan, semaksimal mungkin agar siswa lebih tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Simpulan berdasarkan paparan hasil penelitian di atas, dapat di simpulkan bahwa mulimedia pembelajaran IPA interakif layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SDN Anjir Serapat Muara 1-2.

 

 

 

Kata Kunci : Multimedia, Pengembangan, Hasil Belajar

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI