DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EKSISTENSI SANGGAR SENI CITRA LUHUR BUDAYA BANUA DALAM PERKEMBANGAN SENI TARI DI KECAMATAN KUSAN HILIR KABUPATEN TANAH BUMBU
PENGARANG:NOVITA DEWI ANGGRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Sejarah Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua dan Eksistensi Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua Dalam Perkembangan Seni Tari di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua di Kecamatan Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu, Pagatan. Data yang diperoleh yaitu dengan teknik pengumpulan data (observasi langsung, objek, wawancara, dan dokumentasi). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Sejarah Keberadaan Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua yang didirikan oleh Bapak M. Thaha, M.Pd yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Parawisata memberikan akses kepada Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua selalu tampil di acara-acara penting yang diadakan di Tanah Bumbu. Beberapa dari nama-nama Sanggar yang ada di Tanah Bumbu yaitu: Sanggar Tari Saraswati, Sanggar Lukah Baigal, Sanggar Kuda Lumping, Sanggar Japin Satiung, Sanggar Japin Banjar, Sanggar Tari Bali, dan Sanggar Joget Bumbung. Sanggar tersebut sekarang jarang terlihat bahkan sudah tidak aktif lagi dalam kegiatannya dan Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua masih tetap bertahan sampai sekarang dengan ke eksisitensianya terhadap karya-karya yang ditampilkan maupun diciptakan dari tarian tradisional, klasik, kontemporer, serta tarian kreasi Sanggar ini mampu bertahan karena mendapat dukungan dari beberapa pihak yang penting bahkan karya-karya mereka dibutuhkan untuk tampil di dalam Tanah Bumbu maupun diluar Tanah bumbu.

Kata Kunci: Sanggar Seni Citra Luhur Budaya Banua, Eksistensi, M.Thaha M.Pd, Kompetensi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI