DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Telepon Pintar Pada Mahasiswa FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
PENGARANG:EKA BELLA ANGGI NURFITRA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


Eka Bella Anggi Nurfitra Wati, 2020. Penggunaan Telepon Pintar Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Nasrullah, Pembimbing (II) Syahlan Mattiro.

 

Kata Kunci : Telepon Pintar, Interaksi Sosial dan Dampak.

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan salah satu fakultas yang terdapat di Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin yang memiliki mahasiswa aktif dalam penggunaan telepon pintar di kampus. Telepon pintar merupakan telepon genggam yang mempunyai kemampuan dengan fungsi yang menyerupai komputer. Interaksi sosial adalah proses di mana orang-orang berkomunikasi saling memengaruhi dalam pikiran dan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Gambaran penggunaan telepon pintar pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (2) Dampak penggunaan telepon pintar terhadap interaksi sosial mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih yaitu dengan cara accidental sampling dengan informan Santi, Dayah, Umi, Sifa, Eka, Audra, dan Bapak Alimin. Pemilihan informan dengan accidental sampling yaitu, siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dan dipandang cocok sebagai sumber data. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan langkah-langkah reduksi data, display dan verification.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran penggunaan telepon pintar pada mahasiswa terbagi menjadi tiga yaitu, pemilihan merek telepon pintar berdasarkan pada kualitas, harga dan citra merek, kemudian fungsi telepon pintar pada mahasiswa yaitu sebagai alat komunikasi, alat bantu kuliah, hiburan dan alat transaksi, dan rentang waktu penggunaan telepon pintar di area kampus berdasarkan waktu ramai dan lama waktu yang dihabiskan oleh mahasiswa. (2) Dampak penggunaan telepon pintar yang terjadi adalah pada pola interaksi mahasiswa, pada perilaku dan pola hidup mahasiswa serta terbentuknya komunitas baru yaitu community of online fan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada mahasiswa agar dapat belajar mengontrol diri agar tidak menjadi budak teknologi dan dapat memanfaatkan teknologi dengan sebaik-baiknya terutama telepon pintar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI