DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “JENIS KEPITING DI KAWASAN MANGROF” UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA/MA
PENGARANG:NAHRI FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


ABSTRAK

 

Nahri Fauzan, 2020. Pengembangan Bahan Ajar Jenis Kepiting di Kawasan Hutan Mangrof untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Biologi. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Prof. Dr. Ir. H. M. Arief Soendjoto, M. Sc. dan (II) Prof. Dr. H. Muhammad Zaini, M. Pd.

Ekosistem mangrof yang terus mengalami degradasi merupakan ancaman bagi komponennya seperti kepiting. Menurut  hasil  studi  TIMSS  rendahnya kemampuan sains siswa Indonesia terutama implementasinya  dalam  bentuk  literasi  sains belum menunjukkan adanya peningkatan yang baik sehingga diperlukan inovasi pembelajaran salah satunya dengan pembuatan bahan ajar berbasis lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan keefektifan Bahan Ajar “Jenis Kepiting di Kawasan Mangrof” dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA/MA. Model penelitian yang digunakanadalah model evaluasi formatif dari Tessmer (1993). Data validitas diambil dari uji kevalidan oleh pakar. Data kepraktisan diambil dari uji keterbacaan, uji keterlaksanaan, respon siswa dan respon guru. Data keefektifan diambil dari uji keefektifan pada small group test dan field test serta perhitungan nilai N-gain. Subjek penelitian meliputi tiga orang pakar untuk uji kevalidan, tiga orang siswa untuk ujione to one, lima orang siswa untuk small group test dan lima belas siswa untuk field test. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan ketegorisasi. Hasil validitas bahan ajar dengan skor rata-rata 136,31 dengan kategori sangat valid, uji one to one menyatakan bahwa bahan ajar dapat digunakan dengan revisi kecil. Kepraktisan harapan dengan rata-rata 88% dengan kategori baik sekali. Kepraktisan aktual dengan rata-rata 94,5% dengan kategori baik sekali. Keefektivan aktual nilai N-gain “klarifikasi arti” 0,8 dengan kategori tinggi, “menduga alternatif” 0,5 berkategori sedang, “mempertanyakan bukti” 0,6 berkategori sedang, “penganalisisan argument” dengan nilai rata-rata 0,6 kategori sedang, dan “kesimpulan” 0,8 berkategori tinggi.

Kata Kunci :Pengembangan, Bahan Ajar, Kepiting, Mangrof

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI