DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DI SMAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD NURULLAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


 

INTISARI

 

 

 

Efektivitas Pemanfaatan Model Pembelajaran Project Based Learning Di SMAN 10 Banjarmasin. Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya nilai pelajaran geografi di SMAN 10 Banjarmasin dibandingkan dengan SMA Negeri lain yang ada di Kota Banjarmasin.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis efektivitas pemanfaatan model pembelajaran project based learning di SMAN 10 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, data yang dikumpulkan adalah nilai hasil Ujian Nasional dan hasil wawancara. Reduksi data, data yang di reduksi adalah hasil wawancara dengan guru mata pelajaran IPS. Penyajian data, data yang disajikan adalah data hasil reduksi wawancara dengan guru mata pelajaran IPS. Setelah di sajikan, data hasil wawancara dapat ditarik kesimpulan. Data dalam penelitian ini berupa data primer yaitu hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari: hasil studi kepustakaan yang berupa jurnal dan laporan. Subjek penelitian tenaga pendidik IPS yaitu guru geografi, guru sosiologi, guru ekonimi, serta guru sejarah. Objek dalam penelitian ini adalah Efektivitas Pemanfaatan Model Pembelajaran Project Based Learning di SMAN 10 Banjarmasin dengan menggunakan teknik analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pembelajaran menggunakan model project based learning ternyata sangat efektif terhadap pembelajaran di kelas, karena meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa yang dibangun melalui tugas-tugas dan pekerjaan yang otentik sehingga siswa lebih memahami materi yang disampaikan, membuat siswa lebih berpikir kreatif, siswa mampu memecahkan suatu masalah, serta siswa lebih aktif pada saat pembelajaran menggunakan model project based learning dapat membangun pengetahuan melalui pengalaman dunia nyata dan negosiasi kognitif antara personal yang berlangsung di dalam suasana kerja kolaboratif.saat pembelajaran berlangsung.

 

 

 

Kata kunci: efektivitas, model pembelajaran, project based learning

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI