DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN ANEMOMETER DAN TERMOMETER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI DINAMIKA ATMOSFER PADA PESERTA DIDIK KELAS X IIS MAN 3 BANJARMASIN
PENGARANG:SELLY RAHAYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


Penelitian berjudul “Pemanfaatan Anemometer dan Termometer Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Dinamika Atmosfer Pada Peserta Didik Kelas X IIS MAN 3 Banjarmasin”. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Bentuk eksperimen semu menggunakan rancangan nonequivalent control grup design. Instrumen berbentuk tes pilihan ganda banyaknya soal 20 butir. Populasi penelitian seluruh kelas X IIS sampel yang dipakai kelas X IIS 1 dan X IIS 2, teknik simple random sampling. Teknis analisis data secara inferensial. Adapun pengumpulan data melalui teknik tes dan dokumentasi. 

Kajian menunjukkan Sig. (2-tailed) < dibandingkan 0,05 hasilnya 0,016 < 0,05 jadi bisa dinyatakan kalau H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada selisih nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol bisa dikatakan ada perbedaan yang signifikan antara pemberian pengajaran melalui media anemometer dan termometer dan buku pendamping geografi sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menerangkan adanya perbedaan signifikan dari hasil belajar peserta didik diberi perlakuan media pembelajaran anemometer dan termometer lebih tinggi dibanding nilai belajar peserta didik hanya diberikan media pembelajaran dengan buku pendamping geografi (LKS), artinya media pembelajaran dengan anemometer dan termometer mampu mendorong hasil belajar peserta didik materi dinamika atmosfer.

Kata Kunci: Pemanfaatan Anemometer dan Termometer, Media  Pembelajaran Geografi, Hasil Belajar

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI