DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI KELUARGA NELAYAN DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN HIDUP PADA MASA PACEKLIK DI DESA RAMPA KECAMATAN PULAU SEBUKU KABUPATEN KOTABARU
PENGARANG:NORHIKMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-04


ABSTRAK

Norhikmah. 2020. Strategi Keluarga Nelayan Dalam Memenuhi Kebutuhan Hidup Pada Masa Paceklik Di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Alfisyah (II) Sigit Ruswinarsih.

 

Kata Kunci: Strategi Keluarga Nelayan, Kebutuhan Hidup,Masa Paceklik.

 

Nelayan merupakan matapencaharian yang tergolong musiman yang tiap-tiap pendapatannya tidak menentu terlebih pada masa paceklik. Untuk dapat bertahan hidup nelayan memerlukan suatu strategi untuk terus mempertahankan hidup. Begitu juga dengan nelayan di Desa Rampa yang memiliki strategi agar kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai strategi keluarga nelayan di Desa Rampa Kecamatan Pulau Sebuku Kabupaten Kotabaru tentang (1). Pekerjaan sampingan nelayan (2). Peran anggota keluarga nelayan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan purposive sampling,kriteria informan penelitian yakni(1). keluarga nelayan yang memiliki pekerjaan  sampingan (2). Keluarga nelayan yang anggotanya terlibat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dengan 3 keluarga informan dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menemukan bahwa nelayan di Desa Rampa melakukan alternatif pekerjaan lain diluar dari kegiatan melaut. Adapun ditemukannya (1) Jenis-jenis pekerjaan sampingan para nelayan yaitu (a). Pembuat jaring, (b). Menjadi pedagang keliling dan (c). tukang perbaikan mesin. (2). Peran anggota keluarga nelayan yaitu (a). Peran istri yakni peran ekonomi seperti bekerja, hutang-piutang serta menekan pengeluaran dan peran sosial seperti arisan dan yasinan. (b). Peran anak yakni peran ekonomi seperti bekerja dan menekan pengeluaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan bagi keluarga nelayan untuk terus mempertahankan strategi bertahan hidup di atas agar kebutuhan hidup dikala masa paceklik dapat terus terpenuhi. Harapan untuk pemerintah hendaknya memberikan perhatian khusus untuk keluarga nelayan seperti memberikan bantuan sosial berupa alat tangkap guna memperoleh hasil tangkap nelayan yang optimal sehingga para nelayan dapat terbantu ditengah keadaan sulitnya memenuhi kebutuhan hidup saat masa paceklik tiba.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI