DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN GEROBAK DORONG TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT LENGAN ATLET PEMULA SENAM ARTISTIK PUTRA PUTRI KLUB MARTAPURA GYMNASTIC KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MAIDAH SUSANTI
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-08


Kata Kunci: Pengaruh, Latihan Gerobak Dorong, Kekuatan Otot Lengan, Senam Artistik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Ada tidaknya pengaruh latihan Gerobak Dorong Terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan Atlet Pemula Senam Artistik Putra Putri Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (pre-experimental design) dengan instrumen tes gantung siku tekuk.Rancangan penelitian menggunakan pretest dan posttest dalam satu kelompok.
Populasi penelitian ini adalah atlet senam artistik Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar yang mengikuti latihan yang berjumlah 10 orang. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah atlet pemula (usia 10-12 tahun) senam artistik Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar yang mengikuti latihan berjumlah 4 orang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Data yang terkumpul selama penelitian adalah data tentang tes awal dan tes akhir. Hasil dari data tes awal yang dilakukan oleh atlet senam artistik Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar, dengan waktu terlama 24.84 detik, waktu tercepat 4.72 detik dan dengan rata-rata waktu tes awal yaitu 12.415 detik. Sedangkan pada tes akhir kemampuan bertahan atlet dalam keadaan gantung siku tekuk yang dilakukan oleh atlet pemula senam artistik Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar dapat dilakukan dengan waktu terlama 31.07 detik, waktu tercepat 9.15 detik dan dengan rata-rata waktu tes akhir yaitu 18.045 detik.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa latihan gerobak dorong menghasilkan peningkatan dan dapat disimpulkan bahwa latihan gerobak dorong memberikan pengaruh dalam peningkatan kekuatan otot lengan pada atlet pemula senam artistik putra putri Klub Martapura Gymnastic Kabupaten Banjar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI