DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kesenian Tarbang Ampat Di Desa Barikin Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah
PENGARANG:JAYLANE ABDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-06


ABSTRAK

Jaylane Abdi. 2020. Kesenian Tarbang Ampat Di Desa Barikin Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Drama Tari dan Musik. Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: (I) Maryanto, M.Sn.; (II) Benny Mahendra, M.Pd.

Kata Kunci: tarbang ampat, desa barikin. 

Seni tarbang ampat merupakan kesenian yang bernafaskan Islami, karena kesenian ini merupakan iringan musik dalam mengiringi pembacaan zikir yang dinamakan dengan zikir simak. Zikir simak merupakan nyanyian syair yang berbentuk pantun, yang berarti memaknai isi syair dan agar selalu mengingat Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam. Tarbang ampat pada zikir simak mempunyai nilai yang sangat religius bagi para jemaah majelis zikir Syahmullah Desa Barikin. Kegiatan ini meliputi pembacaan syair-syair, berzikir, dan musik tarbang ampat.

Tujuan penelitian ini adalaah untuk menjelaskan bentuk dan penyajian seni tarbang ampat, menjelaskan pengaruh budaya pada seni tarbang ampat, dan keunikan-keunikan pada seni tarbang ampat. Penelitian ini dikaji menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu memperoleh data secara alamiah dan komprehensif yang sesuai dengan latar dan data yang diperoleh bukan merupakan hasil rekayasa atau manipulasi data. Data yang diperoleh diungkapkan dengan kalimat-kalimat tidak dengan angka-angka.

Hasil penelitian ini menunjukkan tentang: Kesenian tarbang ampat di majelis zikir Syahmullah Desa Barikin yang meliputi bahasan-bahasan yaitu bentuk komposisi musik: melodi, ritme, tempo dan dinamika. Dan bentuk penyajian kesenian tarbang ampat: pelaksana, bentuk dan struktur penyajian, alat musik yang digunakan dan urutan penyajian, pengaruh budaya pada kesenian tarbang ampat. Dan keunikan-keunikan pada kesenian tarbang ampat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI