DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN MEDIA KREASI KIRIGAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MENGGUNTING PADA ANAK AUTIS DI KELAS 2 SDIT AL FIRDAUS BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKY RACHMADINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-06


RizkyRachmadini, A1F115032, 2019. Pengunaan Media Kreasi Kirigami untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Pada Anak Autis dikelas 2 SDIT Al Firdaus Banjarmasin.Skripsi Program S-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.Pembimbing I : Dr. Imam Yuwono,M.Pd dan Pembimbing II : Monry Fraick Nicky Gillian

Ratumbuysang, M.Pd.

Kata Kunci: Media Kreasi Kirigami, Motorik Halus, Anak Autis

Penelitian ini mengemukakan masalah tentang anak autis yang memiliki kemampuan motorik halusnya belum berkembang secara optimal, anak mengalami kesulitan pada kegiatan menulis, menggunting dan berbagai kegiatan yang melibatkan dengan motorik halusnya sehinga anak masih meminta bantuan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan motorik halus menggunakan media kreasi kirigami pada anak autis di kelas 2 SDIT AL Firdaus Banjarmasin.

Metode dalam penelitian ini adalah metode SSR (Single Subject Research) dengan tujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh dari perlakuan yang diberikan secara berulang-ulang dalam tiap sesi. Desain A-B-A memiliki tiga tahap yaitu tahap baseline 1(A1), Intervensi (B), dan baseline 2(A2).

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan terhadap motorik halus subjek melalui media kreasi kirigami. Hasil penelitian dapat dilihat pada baseline 1 (A1) kemampuan subjek dalam kegiatan menggunting memperoleh persentase sebesar 40%, pada tahap intervensi (B) terjadi peningkatan pada kemampuan motorik halus subjek melalui kegiatan menggunting memperoleh persentase sebesar 70%. Pada tahap baseline 2(A2)memperoleh persentase sebesar 100%. Sehingga dapat terlihat terjadi peningkatan pada tahap baseline 2(A2) dibandingkan dengan tahap baseline 1(A1), jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kreasi kirigami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak autis di kelas 2 SDIT AL Firdaus Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI