DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMANFAATAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDE INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII IPS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 10 BANJARMASIN
PENGARANG:MAWADDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-06


INTISARI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pemanfaatan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Terhadap Hasil belajar peserta didik pada submateri penginderaan jauh di kelas XII IPS SMA Negeri 10 banjarmasin. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control grup design.Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas XII IPS dengan sampel kelas XII IPS 1 dan XII IPS 2 yang ditentukan dengan teknik tes. Hasil analisis menunjukkan rata-rata skor hasil belajar peserta didik menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) sebesar 93,54 dan rata-rata skor hasil belajar peserta didik yang diajarkan menggunakan metode 5 M K-13 sebesar 44,66 dari Uji Independent Sample t-test diperoleh Thitung Lebih besar daripada Ttabel  yaitu 14,637 ? 2,007 Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan signifikan hasi belajar peserta didik yang diberikan metode 5 M K-13, Artinya Model Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry) Mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Penginderaan jauh Kata kunci : Geografi, Hasil belajar, Inkuiri Terbimbing (Guide Inquiry)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI