DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEPEGAWAIAN DI DINAS KOPERASI, USAHA MIKRO DAN TENGA KERJA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:SARIFAH FITRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


ABSTRAK

Sarifah Fitriani, 161041120018, 2020. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Di Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. Di bawah Bimbingan Bapak M. Nur Iman Ridwan.

Pemerintah berupaya untuk memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memberikan pelayanan melalui SIMPEG sehingga kepuasan masyarakat dapat tercapai. Karena perkembangan teknologi yang sangat pesat menuntut sebuah  instansi untuk memperoleh informasi yang lebih kurat. Untuk mendukung hal itu pemerintah telah menerapkan sistem informasi manajemen kepegawaian yang telah berbasis online,sehingga menghasilkan informasi yang cepat, lengkap dan akurat dalam mendukung administrasi kepegawaian. 

Penelitian ini bertujuan untuk; 1) pengimplementasian sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin. 2) faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pengimplementasian sistem informasi manajemen kepegawaian (SIMPEG) di Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin.

MetodenPenelitian yang digunakan adalah Pendekatan Kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Menggunakan informan penelitian, Teknik Pengumpulan data yaitu, Observasi, wawancara, dan Dokumen. Teknik Analisis Data meliputi Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan Kesimpulan. 

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pengimplementasian Sistem Informasi Manajemen Kepegawain Di Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin terlihat belum maksimal dijalankan walaupun pemerintah maupun aparatur Di Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin telah melaksanakan simpeg tersebut. Dimana memang telah melaksanakan pensosialisasian tetapi hanya di lakukan satu kali saja, pelatihanpun hanya dilakukan satu kali saja dimana kegiatan-kegiatan tersebut sangat penting dalam pengimplementasian simpeg tersebut.

Hasil penelitian ini disarankan; 1) diharapkan nantinya ada aplikasi-aplikasi terbaru yang lebih baik lagi dari SIMPEGWEB ini agar lebih meningkatkan pengelolaan informasi data pegawai. 2) Lebih banyak mengadakan sosialisasi dan pelatihan terhadap sistem informasi manajemen kepegawaian terhadap seluruh pegawai. 3) pegawai dinas koperasi usaha mikro dan tenaga kerja kota banjarmasin agar kiranya dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan tingkat partisipasinya dalam proses implemenasi sistem informasi manajemen kepegawaian.

Kata Kunci: Implementasi, Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian, Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI