DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PPKN MATERI DAERAH TEMPAT TINGGALKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SEMANGAT (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION, ACTIVE LEARNING TIPE ROLE REVERSAL, DAN CARD SORT) DI SDN KELAYAN TIMUR 2
PENGARANG:MUHAMMAD KHAIRUL CAHYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


Muatan PKN Daerah Tempat tinggalku penting untuk mengenalkan anak didik akan daerahnya masing-masing akan tetapi terdapat permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya semangat dan minat siswa dalam menjalani pembelajaran PPKN. Faktor yang menyebabkan ialah peserta didik merasa pembelajaran PPKN membosankan sehingga jarang ada siswa yang mengingat pelajaran sebelumnya. Hal ini membuat peserta didik pasif, kurang minat dan malas untuk mengikuti proses belajar mengajar. Upaya yang dilakukan guru adalah dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Semangat (Student Team Achievement Division, Active Learning Tipe Role Reversal, Dan Card Sort Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangkitkan kembali semangat belajar anak didik.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Adapun setting penelitian dilakukan di kelas 4 SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 27 orang, 12 orang siswa perempuan dan 15 orang siswa laki-laki. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis siswa, sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan siswa. Teknik analisa data menggunakan rata-rata dan persentase penskoran.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru dari skor 32 menjadi skor 34 dengan kriteria sangat baik, aktivitas siswa dalam mengikuti proses kegiatan pembelajaran dari persentase klasikal 66% menjadi persentase klasikal 96% dengan kategori sangat aktif, dan hasil belajar siswa dari 74% menjadi ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata 96.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sub tema lingkungan tempat timggalku menggunakan kombinasi model Semangat (Student Team Achievement Division, Active Learning Tipe Role Reversal, Dan Card Sort) siswa kelas 4 SDN Kelayan Timur 2 Banjarmasin dapat meningkatkan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar pada muatan Pkn

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI