DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI KUALITAS PAKAN, HARGA DAN PELAYANAN PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN SERTA LOYALITAS PELANGGAN PT. JAPFA COMFEED INDONESIA DI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:AGUSTIAR YETA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kepuasan pelanggan terhadap kinerja PT. Japfa Comfeed Indonesia dan mengetahui tingkat kepentingan dan tingkat kinerja pada variabel kualitas pakan, harga dan pelayanan perusahaan yang menjadi prioritas utama untuk diperhatikan  agar dapat memenuhi harapan pelanggan.

Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan, pada bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2020. Pemilihan lokasi penelitian dilakukan dengan pertimbangan bahwa Kabupaten Tanah Laut sebagai pusat produksi peternakan unggas khususnya peternakan ayam broiler dan produksi tanaman jagung sebagai bahan baku utama pakan ternak. Responden pada penelitian ini sebanyak 106 peternak kemitraan broiler yang menggunakan pakan produk PT. Japfa Comfeed Indonesia minimal 1 tahun dengan perbedaan karakteristik umur, pendidikan, pengalaman, lama keikutsertaan menjadi pelanggan dan skala usaha. Penentuan sampel adalah di 3 Kecamatan yang representatif sebagai pelanggan terbanyak yaitu Kecamatan Jorong, Kecamatan Batu Ampar dan Kecamatan Pelaihari. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode survei dan penarikan contoh dilakukan secara purposive. Metode pengolahan data yang digunakan untuk menganalisis ada 2 yaitu 1. Model Persamaan Struktural (SEM) dengan menggunakan software Amos 22 dan 2. Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan software SPSS 21.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator terhadap variabel kualitas pakan yaitu feed conversion ratio memiliki pengaruh yang paling besar (50,80%), sedangkan perubahan bentuk fisik, bau, warna dan kontaminasi kutu 28,8% adalah paling kecil pengaruhnya. Variabel kualitas pakan memiliki pengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,808 (80,8%). Indikator harga pakan memiliki pengaruh yang paling besar yaitu 11,7% terhadap variabel harga, sedangkan indikator harga pakan terhadap pelayanan mempunyai pengaruh hanya 5,7% terhadap variabel harga. Variabel harga pakan mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sebesar 0,05 (α = 0,05), artinya variabel harga produk mempunyai pengaruh hanya 5% terhadap kepuasan pelanggan. Variabel pelayanan perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis data dengan metode IPA yang menjadi prioritas utama perusahaan adalah harga pakan, indeks performance dan perubahan bentuk fisik, bau, warna dan kontaminasi kutu. PT. Japfa Comfeed Indonesia hendaknya lebih memperhatikan kebijakkan penetapan harga sesuai dengan kualitas pakan yang dihasilkan. Pakan yang berkualitas akan menghasilkan kinerja produksi ayam broiler yang maksimal sehingga dapat tercipta kepuasan dan loyalitas pelanggan. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI