DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI, PENDAPATAN ASLI DAERAH DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP ALOKASI ANGGARAN BELANJA MODAL PADA PEMERINTAH DAERAH PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:WARIDHATUL RISQIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


Waridhatul Risqiyah (2020). Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Pendapatan Asli Daerah Dan Dana Alokasi Umum Terhadap Alokasi Anggaran Belanja Modal Pada Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Tengah. Pembimbing: Dr. H. Ahmad Yunani, SE, M.Si.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum secara bersama-sama (simultan) terhadap alokasi anggaran belanja modal pada pemerintah daerah provinsi Kalimantan Tengah; (2) mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi alokasi anggaran belanja modal pada pemerintah daerah provinsi Kalimantan Tengah.

Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan data sekunder time series. Sedangkan lokasi penelitian ini adalah Provinsi Kalimantan Tengah, dan objek penelitian ini yaitu pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan alokasi anggaran belanja modal pada pemerintah daerah provinsi Kalimantan Tengah selama tahun 2004-2018. Data yang sudah diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis persamaan regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS versi 26.0.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) secara simultan variabel pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah dan dana alokasi umum berpengaruh signifikan terhadap alokasi anggaran belanja modal pada pemerintah daerah provinsi Kalimantan Tengah selama tahun 2004-2018, (2) Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa Dana Alokasi Umum merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi alokasi anggaran belanja modal.

Kata kunci: pertumbuhan ekonomi, pendapatan asli daerah, dana alokasi umum dan belanja modal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI