DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI METODE PRAKTEK LANGSUNG, DAN PERMAINAN KESEIMBANGAN TUBUH DENGAN KOMBINASI STRATEGI BROLOM DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK KASAR ANAK DALAM MELOMPAT DAN BERJALAN MAJU PADA GARIS LURUS PADA ANAK TK KELOMPOK A
PENGARANG:AULADIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


 

ABSTRAK

 

 

 

Auladiyah. 2020. “Implementasi Metode Praktek Langsung,Dan Permainan Keseimbangan Tubuh Dengan KombinasiStrategi Brolom Dalam Mengembangkan Motorik  Kasar Anak Dalam Melompat dan Berjalan Maju Pada Garis Lurus Pada Anak TK Kelompok A”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Hj. R. Ati Sukmawati, M.Kom.

 

Kata Kunci :Metode Praktek Langsung, Permainan keseimbangan, Motorik kasar,Melompat, Berjalan Maju Pada Garis Lurus.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya perkembangan motorik kasar anak dalam melompat dan berjalan maju pada garis lurus, Hal tersebut disebabkan, pembelajaran dan pemilihan metode pembelajaran yang kurang menarik minat anak. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti ingin melakukan sebuah inovasi dalam pembelajaran yaitu metode praktek langsung,dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasistrategi brolom. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  langkah-langkah metode praktek langsung,dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasistrategi brolom, keberhasilan metode, kelebihan dan kelemahan metode pembelajaran.

 

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi literatur dengan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini berupaya memberikan gambaran tentang langkah-langkah metode, keberhasilan metode, kelemahan dan kekurangan pada metode pembelajaran. Data berupa uraian data-data yang diperoleh melalui jurnal, artikel, buku dan hasil penelitian terdahulu berupa skripsi.

 

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dalam mengimplementasi metode praktek langsung dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasi strategi brolom dalam mengembangkan motorik kasar anak dalam melompat dan berjalan maju pada garis lurus , guru sebagai pelaku utama menstimulus respon anak (2) aktivitas belajar anak kelompok A implementasi metode praktek langsung,dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasistrategi brolom dalam mengembangkan motorik kasar anak dalam melompat dan berjalan maju pada garis lurus (3) kemampuan anak dalam pembelajaran menggunakan implementasi metode praktek langsung,dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasistrategi brolom dalam mengembangkan motorik kasar anak dalam melompat dan berjalan maju pada garis lurus. Dalam kurikulum terdapat tiga indikator yang harus dikembangkan yaitu kekuatan, keseimbangan dan kelincahan. Dan daari hasil menelaah jurnal, artikel dan skripsi terdahulu telah terlasana. Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kombinasi metode praktek langsung,dan permainan keseimbangan tubuh dengan kombinasistrategi brolom dapat mengembangkan kemampuan motorik kasar anak dalam melompat dan berjalan maju pada garis lurus. Karena itu direkomendasikan agar guru menggunakan metode atau strategi sebagai alternatif untuk pembelajaran.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI