DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DAN DANA ALOKASI UMUM (DAU) SERTA ANALISIS FLYPAPER EFFECT PADA BELANJA DAERAH (Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota Di Kalimantan Tengah Tahun 2016-2018)
PENGARANG:FAHRIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-07


ABSTRAK

 

Fahriani (2020). Pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dan Dana Alokasi Umum (DAU) Serta Analisis Flypaper Effect Pada Belanja Daerah (Studi Kasus Pada Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah Tahun 2016-2018). Pembimbing : Drs. Ruddy Syafrudin, M.Si.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendapatan Asli Daerah (PAD) terhadap Belanja Daerah dan pengaruh Dana Alokasi Umum (DAU) terhadap Belanja Daerah pada kabupaten/kota di Kalimantan Tengah serta mengetahui apakah terjadi flypaper effect pada Belanja Daerah Kabupaten/kota di Kalimantan Tengah tahun 2016-2018. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang bersumber dari Laporan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di Pemerintah Kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2016-2018. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linier berganda.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Belanja Daerah di Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Tengah selama tahun 2016-2018 karena nilai probabilitinya sebesar 0.4656 > 0.05 . Sedangkan Dana Alokasi Umum (DAU) secara parsial berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Daerah pada Kabupaten/Kota di Kalimantan Tengah selama tahun 2016-2018 karena nilai probabilitinya 0.0000 < 0.05. (2) Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan Dana Alokasi Umum (DAU) secara simultan berpengaruh positif signifikan terhadap Belanja Daerah dan didapat hasil bahwa terjadi fenomena flypaper effect.

Kata Kunci : Pendapatan Asli Daerah, Dana Alokasi Umum, Belanja Daerah, Flypaper Effect

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI