DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PELAKSANAAN PROGRAM WORKSHOP KETENAGAAKERJAAN DALAM PENCIPTAAN WIRAUSAHA DAN TENAGA KERJA MANDIRI DI DESA CINDAI ALUS KECAMATAN MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:TRIANYUDHA MUSTAQIM
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


ABSTRAK

 

TRIANYUDHA MUSTAQIM, 1610411110021, 2020, Pelaksanaan Program Workshop Ketenagakerjaan Dalam Penciptaan Wirausaha Dan Tenaga Kerja Mandiri Di Desa Cindai-Alus Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Taufik Arbain, M.Si

            Tenaga Kerja Mandiri merupakan suatu program yang dilakasanakan oleh pemerintah pusat untuk mengurangi angka pengganguran dalam hal ini agar pengangguran ini dapat dikurangi maka dikelurakan Peraturan Pemerintah (PP) No. 33 Tahun 2013 tentang Perluasan Perluasan kesempatan kerja adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan lapangan pekerjaan baru dan atau mengembangkan lapangan pekerjaan yang tersedia untuk dalam pelaksanaanya kegiatan Tenaga Kerja Mandiri yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar yang dilaksanakan di Desa Cindai-Alus bermaksud untuk mengetahui masih banyak kekurangan dan masalah ketika implementasi di lapangan.

            Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan sumber data menggunakan data primer dan penyajian data dan penarikan kesimpulan. Landasan teori yang digunakan adalah Daniel A. Mazmanian dan Paul A. Sabatier dalam Sobarsono (2005) .

     Dapat disimpulkan Dalam pelaksanaan kegiatan Tenaga Kerja Mandiri yang dilakukan oleh Dinas Tenga Keja dan Transmigrasi Kabupaten Banjar dengan pelatihan pengolahan keripik singkong di Desa Cindai-Alus dimana pelatihan ini harus menunjukan seberapa besar keberhasilan dalam memberikan pelatihan ini dapat dilihat dari faktor kendala: Listrik Padam, Rendahnya Partisipasi, Daya Serap Materi. Dan faktor Pendukung: Masyarakat bisa menyerap ilmu dari ahli di bidang nya yang didatangkan dari pusat (kementrian Ketenagakerjaan)

Kata Kunci :Kebijakan. Wirausaha, Tenaga Kerja

 

ABSTARCT

 

TRIANYUDHA MUSTAQIM, 1610411110021, 2020, Implementation of the Employment Workshop Program in Creating Entrepreneurs and Independent Workers in Cindai-Alus Village, Martapura District, Banjar Regency. Under the guidance of Mr. Dr. Taufik Arbain, M.Si

independent workforce is a program implemented by the central government to reduce the number of unemployed in this case so that unemployment can be reduced, hence the issuance of Government Regulation (PP) No. 33 of 2013 concerning Expansion of employment opportunities is an effort made to create new jobs and or develop available jobs for the implementation of Independent Manpower activities carried out by the Department of Manpower and Transmigration of Banjar Regency which is carried out in Cindai-Alus Village indicator to see that there are still many shortcomings and problems when implementing in the field.

This type of research is qualitative with a descriptive approach. Data collection techniques used were observation, interviews, and documentation, while data sources used primary data and data presentation and conclusion. The theoretical basis used is Daniel A. Mazmanian and Paul A. Sabatier in Sobarsono (2005).

It can be concluded that in the implementation of the Independent Manpower activities carried out by the Office of Tenga Keja and Transmigration of Banjar Regency with training on processing of cassava chips in Cindai-Alus Village, this training must show how much success in providing this training can be seen from the constraints: power outages, low Participation, Material Absorption. And Supporting factors: People can absorb knowledge from experts in their fields who are imported from the center (Ministry of Manpower)

 

Keywords: Policy. Entrepreneur, Labor

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI