DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Modul Listrik Statis Berbasis Literasi Sains untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama
PENGARANG:MITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


ABSTRAK

Literasi sains merupakan kemampuan menggunakan konsep sains dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil PISA, literasi sains peserta didik di Indonesia masih rendah. Analisis menunjukkan hal tersebut dipengaruhi oleh literasi sains yang kurang difasilitasi dalam pembelajaran IPA termasuk pada bahan ajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berupa modul yang berbasis literasi sains pada materi listrik statis yang valid sebagai sumber belajar IPA untuk melatih literasi sains. Indikator literasi sains yang diukur adalah menjelaskan fenomena ilmiah, mengevaluasi dan melakukan penyelidikan ilmiah dan menginterpretasi data dan bukti secara ilmiah. Modul memuat komponen literasi sains mengacu pada indikator literasi sains dan digunakan untuk melatih literasi sains. Komponen literasi sains tersebut adalah sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagai cara menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi sains, teknologi dengan masyarakat. Penelitian pengembangan ini menggunakan model evaluasi formatif Tessmer. Hasil penelitian menunjukkan skor validasi modul pembelajaran 0,87, rencana pelaksanaan pembelajaran 0,96, tes hasil belajar 0,98, dan angket respon peserta didik 0,89 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan harapan yang diperoleh memiliki skor 87,8% dengan kategori sangat baik. Penelitian ini hanya sampai one to one evaluation, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut pada tahap small group evaluation dan field test evaluation.

Kata kunci: evaluasi formatif Tessmer, listrik statis, literasi sains, modul pembelajaran, dan penelitian pengembangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI