DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kegunaan Media Sosial Whatsapp Di Kalangan Remaja Desa Galumbang Kecamatan Juai Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan
PENGARANG:H. M. HIPI ZULKARYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


ABSTRAK

M. H. Hipi Zulkaryani, 2019 Kegunaan Media Sosial Whatsapp  Di Kalangan Remaja Desa Galumbang Kecamatan Juai Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahyu, M.S, Pembimbing (II) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd.

 

 

Kata Kunci: Media sosial, komunikasi, kebiasaan, dan penggunaan.

Pada masa sekarang ini tersedia berbagai media yang memudahkan dalam berkomunikasi, salah satunya adalah media sosial whatsapp messenger. Media sosial whatsapp memudahkan  penggunanya  untuk  saling  berinteraksi dengan  pengguna  lain  tanpa  terhalang  jarak  serta  penggunaan  yang  mudah. Namun dalam penggunaanya beberapa akibat yang tidak hanya terjadi pada lingkungannya namun juga berdampak pada individu yang menggunakan media tersebut, salah satunya berdampak pada perilaku.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diperoleh menggunakan pedoman wawancara, catatan dan kamera sebagai alat dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif sengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Kebiasaan yang muncul dalam penggunaan whatsapp yaitu muncul sikap kurang fokus terhadap lingkungan sekitar, muncul sikap berlebihan, saling berkomentar terhadap perilaku pengguna lain dan juga kemudahan dalam berkomunikasi. Penggunaan media whatsapp dikarenakan fitur yang lengkap sehingga memudahkan kegiatan berkomunikasi, biaya penggunaan yang murah, serta banyaknya jumlah teman yang masih menggunakan whatsapp. Saran: Dengan adanya whatsapp messenger   diharapkan difungsikan secara baik unuk kemudahan dalam berkomunikasi tanpa mengabaikan kehidupan sosial.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI