DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PNGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM MATA PELAJARAN IPA DI SMPN 15 BANJARMASIN
PENGARANG:ACHMAD RIYADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan  multimedia pembelajaran dengan pendekatan kognitif mata pelajaran IPA materi Tata Surya kelas VII di SMPN 15 Banjarmasin, 2) Mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran dengan pendekatan kognitif mata pelajaran IPA materi Tata Surya kelas VII di SMPN 15 Banjarmasin, 3) Mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan multimedia pembelajaran dengan pendekatan kognitif mata pelajaran IPA materi Tata Surya kelas VII di SMPN 15 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan menggunakan model Borg and Gall. Model ini memiliki 10 tahap yaitu : 1) Research and information collecting, 2) Planning, 3) Develop preliminary from a product, 4) Preliminary field testing, 5) Main product revision, 6) Main field testing, 7) Operational product revision, 8) Operational field testing, 9) Final product revision, 10) Dissemination and implementation.

Hasil dari penelitian ini adalah : 1) Kelayakan multimedia pembelajaran yang telah diukur oleh ahli materi dan ahli media dinyatakan layak dengan rata-rata nilai 85,8% untuk ahli materi dan 81,2% untuk ahli media, 2) Penggunaan multimedia pembelajaran ini dalam pembelajaran dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPA materi Tata Surya dengan pengukuran nilai melalui pre-test dan post-test dengan perolehan nilai rata-rata 64,16 untuk pre-test dan 81,33 untuk posst-test.

Kata Kunci : Multimedia Pembelajaran Dengan Pendekatan Kognitif, R&D, Hasil Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI