DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LATIHAN PUSH UP TERHADAP PENINGKATAN KEKUATAN OTOT LENGAN PADA TIM BOLA BASKET PUTERI SMA NEGERI 2 BANJARBARU
PENGARANG:AFRIANSYAH
PENERBIT:-
TANGGAL:2018-02-08


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan push-up terhadap peningkatan kekuatan otot lengan pada tim bola basket puteri SMA Negeri 2 Banjarbaru.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen One Group pretest-posttest Design dengan teknis sampel jenuh, berjumlah 12 orang. Perlakuan dalam penelitian ini berupa latihan push-up selama 18 kali pertemuan dengan frekuensi 3 kali seminggu dan pull and push dynamometer sebagai indikator untuk mengukur baik atau tidaknya kekuatan otot lengan pada tim bola basket puteri SMA Negeri 2 Banjarbaru.
Hasil dari penelitian ini dapat dilihat rata-rata tes awal 10.58 dengan simpangan baku 2.234 dan tes akhir 17.58 dengan simpangan baku 2.811. Uji perbedaan menggunakan T-tes di peroleh nilai t0 = -15.478 < ttabel = 1,80 atau ttabel = 1,80 < t0 = 15.478 ada perbedaan yang signifikan dari hasil kekuatan otot lengan tim bola basket puteri SMA Negeri 2 Banjarbaru sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dan hasil pengujian hipotesis latihan push-up terbukti memberikan peningkatan terhadap kekuatan otot lengan.
Kata Kunci : Push up , Kekuatan Otot Lengan , Bola Basket

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI