DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Persepsi Guru terhadap Model Pembelajaran Problem Based Learning di SMA Negeri 11 Banjarmasin
PENGARANG:NORHAYATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


Latar belakang masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana persepsi guru dan pengetahuan guru terhadap model pembelajaran PBL di SMAN 11 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru rumpun IPS di SMAN 11 Banjarmasin terhadap model PBL. Penelitian ini merupakan survei tipe Cross Sectional Survey. Penerapan jenis penelitian survey ini menggunakan kuesioner sebagai metode pokok. Responden: guru rumpun IPS sebanyak 6 orang guru, 1 guru geografi, 2 guru ekonomi, 2 guru sosiologi, dan 1 guru sejarah. Pendekatan yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil dari penelitian ini dapat di simpulkan bahwa persepsi guru rumpun IPS di SMAN 11 Banjarmasin terhadap model pembelajaran PBL banyak mendapat hal yang positif dalam pembelajaran. Dilihat dari hasil wawancara guru yang menunjukkan (1) Model pembelajaran PBL pernah mereka terapkan dan banyak respon peserta didik yang antusias. (2) Dalam pembelajaran PBL seperti dapat memicu munculnya rasa ingin tahu peserta didik dalam pembelajaran mereka hadapi. (3) Dapat mengantarkan peserta didik memahami bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang baik pada dirinya maupun masyarakat, itulah yang membuat mereka lebih aktif dan hasil belajar peserta didik lebih baik.

Kata kunci: Persepsi guru, Model Pembelajaran, Probem Based Learning (PBL)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI