DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERSEPSI GURU TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI SMA NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:JUBAIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru rumpun IPS terhadap model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) di SMA Negeri 4 Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah metode survei tipe Cross Sectional Survey yakni digunakan untuk mengetahui isu yang bersifat kontemporer dengan pengumpulan data cukup satu kali. Subjek penelitian terdapat lima informan, terdiri dari 3 orang guru geografi, 1 orang guru ekonomi, dan 1 orang guru sosiologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah internet interview, yaitu kuesioner diedarkan menggunakan media google form melalui aplikasi WhatsApp Messanger. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) adalah positif. Berdasarkan pengetahuan menunjukkan bahwa guru sudah mengetahui cukup baik tentang model pembelajaran CTL dan berdasarkan pengalaman menunjukkan bahwa model CTL dapat membantu memudahkan guru dalam proses pembelajaran dan menjadikan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Model pembelajaran CTL akan terlaksana dengan optimal apabila tersedianya waktu yang cukup dan kondisi kelas serta siswa yang mendukung dalam proses pembelajaran.
 
Kata kunci: Persepsi Guru, Model Pembelajaran, Contextual Teaching and Learning

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI