DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING, NUMBER HEAD TOGETHER DAN COURSE REVIEW HORAY PADA KELAS V SDN KUIN UTARA 1 BANJARMASIN
PENGARANG:AKHMAD SAUQI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


 

Sauqi, Akhmad. 2020. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Volome Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Number Head Together Dan Course Review Horay Pada Kelas V SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. Chairil Faif Pasani, M.Si.

 

Kata Kunci:  Hasil Belajar, Volume Bangun Ruang, Problem-Based Learning, Number Head Together, dan Course Review Horay.

 

Permasalahan dalam penelitian ini yakni aktivitas belajar siswa yang tidak mengarah ke proses berpikir konkret, hierarki dan analisis pada materi volume bangun ruang yang berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa dalam dua tahun terakhir dimana >45% siswa mendapatkan nilai dibawah 70 (KKM). Sebab kurangnya penguasaan siswa akan materi yang disampaikan sehingga anak enggan untuk aktif dalam pembelajaran di kelas. Diperbaiki dengan menggunakan model Problem-Based Learning dikombinasikan dengan Number Head Together dan Course Review Horay karena diyakini dapat memfasilitasi siswa berpikir konkret, mendorong siswa aktif dalam belajar, serta mendorong siswa berpikir hierarki dan analisis dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 

Metodologi penelitian dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian yakni siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2019/2020 di SDN Kuin Utara 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa 34 orang yang terdiri dari 18 laki-laki dan 16 perempuan. Instrumen data yang digunakan yaitu berupa pengamatan aktivitas guru dan siswa serta butir-butir soal untuk evaluasi hasil belajar siswa. Cara pengumpulan data melalui observasi selama proses pembelajaran dan teknik analisis datanya berupa frekuensi, persentase dan deskripsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran berhasil terlaksana dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal dalam mengikuti pembelajaran berhasil mencapai kriteria sangat aktif. Sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan yakni ≥80% siswa mendapatkan nilai ≥75. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Problem-Based Learning dikombinasikan dengan Number Head Together dan Course Review Horay dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan hipotesis diterima. Disarankan kepada guru agar menjadikan hasil penelitian sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi volume bangun ruang menggunakan model pembelajaran Problem-Based Learning dikombinasikan dengan Number Head Together dan Course Review Horay.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI