DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pembelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darusalam Desa Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara
PENGARANG:ZAINAL FANANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-08


ABSTRAK

 

Zainal Fanani, 2019. Pembelajaran IPS di Mandrasah Tsanawiyah (MTS) Darusalam Desa Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Tesis ProgramMagister Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fkip Universitas Lambung Mangkurat.Pembimbing (I) Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M.Pd, Pembimbing (II) Dr. Deasy Arisanty,S.Si, M.Sc.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran, IPS, MTs Darusalam

 

Penelitian tentang pembelajaran IPS di MTs Darusalam penting untuk dilaksanakan karena untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan oleh guru baik dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pebelajaran.

Metode yang dipakai dalam penulisan tesis ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mencari dokumen data-data, observasi kelapangan dan wawancara langsung untuk mendapatkan bukti tentang proses pembelajaran IPS, Perangkat Pembelajaran dan laporan-laporan lainnya yang menyangkut tentang proses Pembelajaran IPS di Mandrasah Tsanawiyah (MTs) Darusalam Desa Pinang Habang Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Data yang didapat harus diklarifikasi kembali untuk mendapatkan hasil yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Data-data juga didukung dengan buku-buku pustaka yang berkaitan dengan objek yang diteliti.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perencanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih belum disiapkan dengan benar, RPP yang mereka miliki didapatkan dari teman sejawat yang kemudian di ganti nama dan nama sekolah saja. Kemudian dari pelaksanaan pembelajaran IPS masih mengalami kendala. Kendala yang dihadapi oleh guru terletak pada siswa yang masih belum menyadari pentingnya pembelajaran IPS untuk dipelajari. Selanjutnya tindakan yang terakhir yaitu pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang terdiri dari penilaian afektif sudah berjalan dengan baik, namun dalam penilaian kognitif, psikomotorik, individu/kelompok, menilai secara detail lengkap dan meyeluruh, dan mengolah/merekapitulasi nilai masih mengalami kendala.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI