DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) PADA MATERI SEL VOLTA SMK NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:HAMIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-09


Telah dilakukan penelitian tentang analisis berpikir kritis dan hasil belajar pada model Project Based Learning dengan pendekatan STEM pada materi sel volta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) perbedaan berpikir kritis, (2) perbedaan hasil belajar pengetahuan dan (3) respon peserta didik terhadap model Project Based Learning dengan pendekatan STEM dengan model Ekspositori. Metode dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain posttest only control group design.Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas X RPL B sebagai kelas eksperimen dan kelas X KI sebagai kelas kontrol di SMKN 2 Banjarmasin. Kelas eksperimen menerapkan model Project Based Learning dengan pendekatan STEM sedangkan kelas kontrol menerapkan model Ekspositori. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasilpenelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan berpikir kritis yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (2) terdapat perbedaan hasil belajar pengetahuan yang signifikan antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) pembelajaran model PjBL dengan pendekatan STEM mendapat respon lebih positif sebesar 88,06% dibandingkan model Ekspositori sebesar 70,00%.

Kata kunci: Project Based Learning, pendekatan STEM, berpikir kritis, hasil belajar pengetahuan, sel volta.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI