DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN EMOSIONAL DALAM MENUNJUKKAN SIKAP TAAT TERHADAP ATURAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MIND MAPPING, MODEL PICTURE AND PICTURE, TEKNIK TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL PADA KELOMPOK B TK ISLAM MADINATURRAMLAH BANJARMASIN
PENGARANG:AWALIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-09


Awaliyah. 2020. “Mengembangkan Kemampuan Emosional dalam Menunjukkan Sikap Taat Terhadap Aturan Sehari-hari Menggunakan Kombinasi Model Mind Mapping,model Picture And Picture, Teknik Tekstual dan Kontekstual pada Kelompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. Metroyadi. S.H., M.Pd.

 

Kata Kunci : Kemampuan Emosional, Menunjukkan Sikap Taat Terhadap Aturan Sehari-hari,  model Mind Mapping,model Picture And Picture, Teknik Tekstual dan Kontekstual.

 

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya perkembangan emosional anak dalam menunjukkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari, perkembangan emosional yang belum terbiasa dilatih untuk mandiri dan pembelajaran yang monoton. Apabila masalah ini tidak dipecahkan dampaknya anak akan mengalami kesulitan dalam kemampuan aspek emosional anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan capaian perkembangan dalam menunjukkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari. 

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dirancang 3 kali pertemuan dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin yang berjumlah 16 anak. Jenis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan aktivitas guru mencapai nilai ≥26 dengan kategori “sangat baik”,aktivitas anak mencapai ≥82 kategori sangat aktif (Berkembang Sangat Baik).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Model Mind Mapping,model Picture And Picture, Teknik Tekstual dan Kontekstual dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh skor 20 meningkat menjadi skor 30 pada pertemuan III dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh  0% berkembang pada pertemuan III memperoleh nilai 87% dengan kriteria “Sangat Aktif”, pada hasil pencapaian perkembangan emosional anak berkembang dan dikatakan telah berhasil dengan 2 anak memperoleh £??? (Belum berkembang) dan14 anak memperoleh bintang ≥??? (Berkembang).

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi “dengan menggunakan kombinasi Model Mind Mapping,model Picture And Picture, Teknik Tekstual dan Kontekstual pada Kelompok B TK Islam Madinaturramlah Banjarmasin” dapat diterima. Dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan kemampuan kemampuan emosional dalam menunjukkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI