DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa (Menjawab Pertanyaan sederhana) Menggunakan Kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambar pada Kelompok A TK Al-Lathif Banjarmasin | |
PENGARANG | : | MASRUPAH | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2020-12-09 |
Masrupah. 2018, Upaya Mengembangkan Aspek Bahasa (Menjawab Pertanyaan sederhana) Menggunakan Kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambarpada Kelompok A TK Al-Lathif Banjarmasin. Skripsi Program S1 PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin. Dosen Pembimbing Dr. H. Metroyadi, SH, M. Pd
Kata Kunci: Perkembangan Bahasa, Menjawab Pertanyaan sederhana Menggunakan Kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambar
Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya perkembangan bahasa anak dalam Menjawab Pertanyaan sederhana. Hal ini terjadi karena guru lebih banyak menggunakan metode ceramah, tidak menggunakan model ataupun metode yang menarik, sehingga anak pasif, pembelajaran monoton , kurang percaya diri, kurang fokus dan kurang interaksi antar siswa. Guna mengatasi hal tersebut digunakan kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan bahasa anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setting penelitian dilakukan pada kelompok A TK Al-Lathif Banjarmasin. Jumlah anak ada 19 orang anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 orang anak perempuan. Jenis data yang digunakan kualitatif yang terdiri dari aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan anak. Pengambilan data yang dilakukan berupa aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan bahasa anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dengan kriteria baik, meningkat pada pertemuan 3 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak yang cukup aktif pada pertemuan 1, meningkat menjadi Aktif dan sangat aktif pada pertemuan 3 . Hasil capaian perkembangan bahasa anak secara klasikal pada pertemuan 1 dengan kriteria Mulai Berkembang (MB/««) meningkat menjadi Berkembang Sesuai Harapan (BSH/«««) dan Berkembang Sangat Baik (BSB/««««) pada pertemuan 3.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaaan kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambar, dapat meningkatkan capaian perkembangan bahasa anak dalam menunjukkan aktivitas dalam menjawab pertanyaan sederhana. Dengan demikian penggunaan kombinasi Model Make A Match dengan, Metode Tanya Jawab dan Media Gambar dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan dalam menyelesaikan masalah pembelajaran anak.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI