DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI LEXIPAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN BAGI ANAK LAMBAN BELAJAR (SLOW LEARNER)
PENGARANG:AULIA AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-09


 

ABSTRAK

Aulia Azizah 1610127220004. (2020) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Lexipal Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Lamban Belajar (Slow Learner). Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Ibu Eviani Damastuti, M. Pd, (2) Bapak Machmud Fauzi, M. Pd.

 

Kata Kunci : Aplikasi Lexipal, Membaca Permulaan, Anak Lamban Belajar

 

Pada penelitian ini terdapat delapan anak lamban belajar yang mengalami kesulitan dalam membaca permulaan. Kesulitan membaca permulaan yang dialami semua subjek adalah mengenali huruf dan mengeja. Hal ini mengakibatkan terhambatnya banyak pembelajaran yang membutuhkan bacaan dalam prosesnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan aplikasi lexipal dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi anak lamban belajar (slow learner).

Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif berjenis quasi eksperimental. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah time series design yaitu desain yang hanya menggunakan satu kelompok atau individu subjek yang sama.  Desain ini membandingkan kinerja subjek dalam variabel bebas yang diobservasi terus menerus antara sebelum dan sesudah menerima perlakuan. Pada penelitian ini diberikan tes awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak empat kali sebelum diberikan treatment, selanjutnya pemberian treatment menggunakan aplikasi lexipal sebanyak empat kali treatment, dan setelah itu dilakukan tes akhir (posttest) sebanyak empat kali setelah diberikan treatment. Subjekpada penelitian ini adalah delapan orang anak lamban belajar (slow learner), tiga orang anak bersekolah di SD Negeri Pangeran 1 Banjarmasin, tiga orang  anak bersekolah di SD Negeri Pasar Lama 6 Banjarmasin dan dua orang anak bersekolah di SD Negeri Sungai Andai 3 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes rangking bertanda wilcoxon dengan taraf signifikansi (α) 0,025 Z tabel 1,96.

Hasil pada penelitian ini ditunjukkan dari hasil tes kemampuan akhir anak (posttets)lebih tinggi dibandingkan pada hasil tes sebelum di berikan treatment (pretest). Perolehan nilai rata-rata pada pretest yaitu  = 40,  = 40,  = 38,75,  = 38,43 dan perolehan nilai rata-rata pada posttest yang mengalami peningkatan yaitu antara lain  = 67,19, = 68,12,  = 68,75,  =  68,50. Dapat dilihat dari hasil perolehan nilai rata-rata posttest yang meningkat dari perolehan pretest dan hasil perhitungan statistik menggunakan uji wilcoxon Ztabel, yang mana Zhitung > Ztabel, diterima  ditolak. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan aplikasi lexipal terhadap peningkatan kemampuan membaca permulaan anak lamban belajar (slow learner) halini menunjukkan hasil yang positif bahwa penggunaan aplikasi lexipal efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak lamban belajar (slow learner).

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI