DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA DAN AKTIVITAS BELAJAR DALAM MENGULANG KALIMAT SEDERHANA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL STORY TELLING DENGAN TANYA-JAWAB MENGGUNAKAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-ABROR KUALA KAPUAS
PENGARANG:MIA MAUNGIDHOTUL KHASANAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-09


Khasanah, Maungidhotul, Mia. 2020. Mengembangkan Bahasa Dan Aktivitas Belajar Dalam Mengulang Kalimat Sederhana Melalui Kombinasi Model Storytelling Dan Tanya-Jawab Menggunakan Kartu Bergambar Pada Anak Kelompok A Tk Al-Abror Kuala Kapuas. Skripsi Program Pendidkan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. H.Rusmansyah, M. Pd.

Kata Kunci : Kalimat, Story Telling, tanya jawab, kartu bergambar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada keterampilan berbicara anak dalam mengulang kalimat sederhana yang diperdengarkan belum optimal, yaitu kurangnya kegiatan atau materi disekolah, kegiatan pembelajaran guru kurang memotivasi anak, dan kurangnya guru dalam memanfaatkan model dan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil pengembangan anak dalam aspek bahasa anak pada kegiatan melanjutkan cerita yang telah diperdengarkan dengan tujuan mengembangkan keterampilan berbicara anak menggunakan Kombinasi Model Story telling dan Tanya jawab menggunakan kartu bergambar. Penelitian ini dilaksanakan pada anak Kelompok A di TK Al Abror Kuala Kapuas. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 siklus. Setting penelitian ini adalah anak kelompok A TK Al Abror dengan jumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi dengan analisis data kualitatif. Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik. Aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteria sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥ 81% atau mendapat kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) dan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh kriteria baik dan mengalami perbaikan pada siklus 3 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak hanya mencapai kategori aktif pada siklus 1, berkembang hingga mencapai kategori sangat aktif pada siklus 3 dan hasil pengembangan keterampilan berbicara anak memperoleh kategori Mulai Berkembang (MB) pada siklus 1 dan mengalami perkembangan pada siklus 3 dengan kategori Berkembang Sangat Baik (BSB). 

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa kombinasi metode dan model pembelajaran ini dapat mengembangakan keterampilan berbicara anak. Maka disarankan kepada guru, hendaknya penelitian ini dijadikan alternatif pilihan dalam kegiatan pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan anak. Bagi kepala TK agar dapat meningkatkan kinerja pendidik di sekolahnya. Begitu pula untuk peneliti lain, dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian berikutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI