DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA SCRAMBLE WORD BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS STRUKTUR KATA BAGI ANAK TUNARUNGU DI SLBN 2 BANJARMASIN
PENGARANG:SELLY MADAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-09


ABSTRAK

 

Selly Madayanti, 1610127120014. 2020. Efektivitas Penggunaan Media Scramble Word Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Struktur Kata Bagi Anak Tunarungu di SLBN 2 Banjarmasin. Skripsi Program Strata-1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: H. Fauzul Adhim, M.Pd dan Pembimbing II: Dewi Ekasari Kusumastuti, M.Pd.

 

Kata Kunci :  Media Scramble Word Bergambar, Kemampuan Menulis Struktur Kata, Anak Tunarungu

 

Menulis merupakan penggambaran visual tentang pikiran, perasaan, dan gagasan dengan menggunakan simbol-simbol sistem bahasa penulisnya untuk keperluan komunikasi. Masalah yang ditemui di lapangan menunjukan bahwa anak tunarungu mengalami gangguan berkomunikasi secara verbal, daya abstraksi dan kemampuan dalam menulis tidak sesuai dengan penyusunan tata letak huruf-huruf menjadi sebuah kata yang sesuai dengan struktur kata yang benar. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keefektivitas penggunaan media scramble word bergambar dalam meningkatkan kemampuan menulis struktur kata pada anak tunarungu di SLBN 2 Banjarmasin.

Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian time series design ( Y1  Y2   Y3   Y4   X   Y5   Y6   Y7   Y8) yang terdiri dari pemberian tes awal (pretest) yaitu pemberian test sebelum diberikan perlakuan, pemberian tes akhir (posttest) yaitu pemberian tes setelah diberikan perlakuan, yang menjadi subjek penelitian adalah 2 orang anak tunarungu kelas 3 di SLBN 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.

Berdasarkan hasil yang diperoleh, hasil dari PAP untuk nilai pretest adalah Y1= 20 Y2= 20 Y3= 20 Y4= 80 dan posttest Y5= 80 Y6= 90 Y7= 90 Y8= 90 sedangkan hasil dari MLF untuk nilai pretest adalah Y1= 10 Y2= 10 Y3= 20 Y4= 20 dan posttest Y5= 80 Y6= 80 Y7= 90 Y8= 90. Dapat disimpulkan dari hasil tersebut bahwa media scramble word bergambar berpengaruh terhadap kemampuan menulis struktur kata anak tunarungu kelas dasar 3 SLBN 2 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI