DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI NILAI KEBERTAHANAN KEWIRAUSAHAAN PENGRAJIN TAJAU (GENTONG AIR) DALAM EKONOMI KREATIF
PENGARANG:MAZERINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2020-12-10


ABSTRAK

Penelitian ini mendeskripsikan gambaran nilai-nilai kebertahanan kewirausahaan pada pengrajin tajau di Kelurahan Kuin Utara Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif dengan sumber data primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Narasumber pada penelitian ini adalah pengrajin tajau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat gambaran nilai-nilai kebertahanan yang berkembang dan dianut oleh pengrajin tajau di wujudkan dalam bentuk strategi yang berkaitan dengan 1) pemilihan pelanggan sebagai strategi untuk memenangkan persaingan; 2) membuat pengembangan produk berdasarkan heterogenitas seperti jenis,ukuran, dan harga tajau ; 3) penentuan harga jual tajau dengan cara harga sesuai pasaran dan dengan kesepakatan antara pengrajin dan calon pelanggan; dan 4) menjamin mutu produk berdasarkan aspek kualitas bahan baku, kerapian dan kemulusan produk. Pengembangan nilai nilai yang tertuang dalam strategi tersebut dipengaruhi oleh faktor; 1) kondisi lingkungan dengan ketersediannya bahan baku yang mudah didapat dan adanya nilai tradisi dan nilai budaya yang dianut oleh masyarakat setempat; 2) karakteristik pendiri usaha yakni pekerja keras dan memiliki motivasi dalam menyelesaikan pekerjaan yang terbagi atas motif ekonomi dan non ekonomi; 3) penggunaan strategi dengan bulan waktu pembuatan dan bulan waktu penjualan  dalam struktur industri, serta 4) dengan sendirinya mereka terjun langsung ikut dan bisa mempraktekkannya hingga saat ini mereka bisa bertahan dengan usaha produksi pengrajin tajau.Beberapa Faktor yang tidak bertahan yaitu: 1) Daerah pemasaran sempit; 2) Pengrajin hanya memproduksi tajau tidak sekaligus menjual secara langsung; 3) Masalah pengantaran dan pemasaran yang tidak dapat berkembang; 4) Aspek penghasilan pekerjaan lain yang cepat dihasilkan; 5) Kurangnya stategi dalam berproduksi dan memasarkan.

 

Kata Kunci: Nilai, Kebertahanan, Kewirausahaan, Tajau.

 

 

ABSTRACT

This study describes the values ??of entrepreneurial sustainability in tajau craftsmen in North Kuin Village, Banjarmasin City. This study used a qualitative approach and descriptive type of research with primary data sources collected through observation and interviews and then analyzed using the Miles and Huberman model. The resource persons in this study were tajau craftsmen. The results show that there is a description of the values ??of sustainability that have been developed and adopted by tajau craftsmen in the form of strategies related to 1) customer selection as a strategy to win the competition; 2) making product development based on heterogeneity such as type, size, and price; 3) determining the selling price of tajau by means of a price according to the market and by agreement between the craftsman and the prospective customer; and 4) ensuring product quality based on the quality aspects of raw materials, product neatness and smoothness. The development of the values ??contained in the strategy is influenced by factors; 1) environmental conditions with the availability of readily available raw materials and the presence of traditional and cultural values ??adhered to by the local community; 2) the characteristics of a business founder, namely hardworking and motivated to complete work, which is divided into economic and non-economic motives; 3) the use of strategies with months of manufacturing time and months of sales time in the industrial structure, and 4) by themselves they are directly involved and can practice them until now they can survive with the tajau craftsmen production business. Several factors that did not survive, namely: 1) Narrow marketing area; 2) The craftsmen only produce tajau, not directly sell them at the same time; 3) Undeveloped delivery and marketing problems; 4) Aspects of other work income that are quickly generated; 5) Lack of strategies in production and marketing.

 

 

Keywords: Value, Sustainability, Entrepreneurship, Tajau.     

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI